LSI Berakhir Sebelum Pilpres

VIVAnews - Jadwal putaran 2 Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 memang belum disahkan. Tapi, Badan Liga Indonesia (BLI) optimistis kompetisi bakal berakhir sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan digelar September 2009 mendatang.

Menurut Direktur Bidang Pertandingan BLI, Joko Driyono, pertandingan akan dimulai 3 Januari 2009 dan berakhir 13 Juni 2009. Namun, untuk sementara draf jadwal masih dikembalikan ke klub-klub peserta LSI 2008 untuk dipelajari.

”BLI menjamin kompetisi akan berakhir sebelum Pilpres. Tapi, untuk sementara kami masih menyerahkan jadwal kepada klub untuk direspon,” kata Joko kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa, 25 November 2008.

Kata Joko, klub-klub akan diberi waktu sepekan untuk mempelajari draf jadwal putaran 2. Selama sepekan itu, klub-klub diminta untuk memastikan perizinan bagi masing-masing pertandingan, termasuk kepastian penggunaan stadion.

”Di luar itu kami tidak akan menoleransi perubahan yang diajukan oleh klub,” kata Joko.

Di putaran 2 nanti, perubahan jadwal relatif sedikit. Sebab menurut Joko, sudah tak banyak lagi daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah seperti pada putaran 1 lalu.

Selain itu, tiga tim yang selama ini berstatus musafir juga diminta untuk segera menetapkan stadion yang akan digunakan pada putaran 2 nanti.

Tiga tim yang selama putaran 2 berstatus musafir adalah PSMS Medan, Persitara Jakarta Utara dan Persita Tangerang. ”Ketiganya sudah harus menetapkan stadion untuk putaran 2 nanti, paling lambat 25 Desember 2008,” kata Joko.

Di putaran 1 lalu, setidaknya 51 pertandingan mengalami perubahan jadwal. Perubahan itu terjadi seiring dengan agenda pilkada di beberapa daerah, masalah perizinan dan program timnas. Meski demikian, putaran 1 selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Untuk putaran 2 nanti, BLI bakal bertindak lebih tegas. Tim-tim yang tak mendapat izin untuk menggelar pertandingan diminta untuk melaporkannya ke BLI, sepekan sebelum hari pertandingan.

BLI selanjutnya menghukum tim dengan pertandingan tanpa penonton. Bila duel tanpa penonton itu juga gagal digelar, klub yang bersangkutan langsung dinyatakan kalah. 

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024