BPKP Diminta Verifikasi Tabung Gas

VIVAnews - Pemerintah telah melayangkan surat ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan verifikasi harga bahan baku dalam program pengadaan 100 juta tabung gas ukuran 3 Kg tahun depan. 

Pemerintah ingin mengetahui harga yang wajar untuk bahan baku. "Hasil verifikasi BPKP akan ditetapkan sebagai harga tabung," kata Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Departemen Perindustrian Anshari Bukhari di Jakarta, Jumat 5 Desember 2008. 

Sedangkan untuk pengadaan tabung gas hingga Desember, pemerintah masih menggunakan asumsi harga baja Rp 12 ribu per Kg. "Sehingga belum ada penurunan harga sebesar Rp 129 ribu per tabung," kata Anshari. 

Urungnya pemerintah menurunkan harga bahan baku baja senada dengan permintaan Krakatau Steel sebagai satu-satunya pemasok bahan baku. "Harga tetap karena kontrak dengan Krakatau saat harga baja masih tinggi," kata Anshari.

Dari rencana pengadaan 100 juta tabung, Anshari menyatakan kemampuan dalam negeri hanya berkisar 29 juta tabung. "Sisanya dari empat BUMN dan impor," katanya. 

Empat BUMN yang telah berkomitmen di antaranya PT Wijaya Karya Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Bosma Bisma Indra, PT Barata Indonesia. Total kontribusi keempatnya perusahaan 25 juta tabung. "Wijaya Karya sudah memproduksi, lainnya baru persiapan," kata Anshari. 

Program pengadaan tabung gas diakui Anshari dipercepat agar 2009 selesai. "Namun berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, hanya 30 juta tabung gas yang mampu diproduksi," ujarnya.

Selain itu, pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib tabung gas elpiji yang terdiri dari lima SNI terpaksa harus ditunda. Karena, kata Anshari, SNI katup gas harus didispensasi persiapannya akibat perubahan substansi SNI tersebut cukup besar. "Empat SNI yang lain, tabung gas, kompor, selang, dan regulator sudah siap diterapkan," katanya.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024