Penurunan Harga BBM Lindungi Masyarakat

VIVAnews - Pemerintah menilai rencana penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) masih menunggu waktu yang tepat, karena dimaksudkan untuk melindungi konsumen agar jangan sampai ke depan lebih terbebani.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, penundaan penurunan harga BBM tersebut ditempuh pemerintah bukan karena ada tekanan unsur politis. Sebab, pemerintah tidak ingin penurunan premium dan solar menjadi beban di tahun mendatang. "Jadi, tidak ada unsur politisnya," ujarnya di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, Senin, 8 Desember 2008.

Dia menambahkan, penurunan harga BBM lebih ditekankan agar masyarakat pada saat harganya turun bisa menikmati. Selain itu, jika harganya naik masyarakat juga diharapkan bisa tetap menikmati. "Sekarang masih dihitung formulasi yang tepat," ujar Menkeu.

Menkeu mengakui, harga minyak dunia saat ini masih sangat fluktuatif. Sehingga, mendorong pemerintah menunggu saat yang tepat agar nanti pada 2009 jika kenaikannya drastis, masyarakat tidak terkejut.

"Harga minyak dunia yang anda lihat sekarang kan, ritmenya harian yang kemarin dari US$54 per barel menjadi US$49. Tentunya, untuk tahunan akan lain lagi," jelasnya.

Menkeu menambahkan, keputusan penurunan harga BBM nantinya akan langsung diumumkan oleh Presiden jika waktunya tiba.

Namun, Menkeu mengatakan, pemerintah sebenarnya secara sadar sudah memahami bahwa dengan penurunan harga minyak internasional juga turut memengaruhi harga dalam negeri.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Menurut dia, untuk sementara agar harga BBM dalam negeri tidak terfluktuasi mengikuti harga internasional, pemerintah mempertimbangkan penerapkan ceilling price. "Cieling price adalah batas atas harga minyak sebelum harga BBM disubsidi pemerintah," jelas Menkeu.

Menkeu menegaskan, formula tersebut diberikan agar naik turunnya harga minyak tidak dirasakan terlalu mendadak, juga untuk menunggu kesiapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan konsumen.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024