500 Peserta Hadiri Kongres Kebudayaan

VIVAnews - Sebanyak 500 peserta dari kalangan budaya, tokoh masyarakat, ilmuwan, akademisi, pemerintah, dan media massa berkumpul dalam satu arena. Mereka merupakan peserta Kongres Kebudayaan 2008 yang baru saja diresmikan.

"Era ini menempatkan budaya sebagai mata uang baru untuk kesejahteraan umat manusia," ujar Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Aburizal Bakrie saat membuka Kongres Kebudayaan 2008, di Hotel Salak, Bogor, Jawa Barat, Rabu 10 Desember 2008.

Menurut Aburizal, dalam dunia globalisasi ini kebudayaan harus dilestarikan agar tidak punah. Salah satunya, dengan cara inovasi dan terobosan-terobosan untuk mengembangkan kebudayaan Indonesia.

Kemajuan peradaban manusia di bidang teknologi, informasi, komunikasi dan transportasi, dinilai telah menyebabkan perubahan yang cepat dalam hampir semua aspek kehidupan. Batas antarbangsa dan negara menjadi lebih terbuka dan disebut sebagai era globalisasi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kondisi ini diantisipasi dengan meluncurkan cetak biru ekonomi kreatif Indonesia, yakni konsep ekonomi baru yang berorientasi pada kreativitas, budaya, serta warisan budaya dan lingkungan.

Menteri Kebudayaan, Jero Wacik, yang juga hadir mengatakan, yang menjadi landasan pemikiran kongres kebudayaan ini, bahwa Indonesia memiliki deposit budaya, yang kaya raya. "Apabila diolah dan dikemas dengan baik, dapat menjadi aset yang mendatangkan devisa dan meningkatkan perekonomian rakyat," jelas Jero Wacik.

Dalam kongres ini akan digelar sidang pleno dalam 15 kelompok. Sebanyak 15 kelompok itu terdiri dari, kebijakan dan strategi kebudayaan, film, seni media, seni rupa, identitas budaya, warisan budaya, sastra, filantropi, kebudayaan, pendidikan, seni pertunjukan, bahasa dan aksara, media massa, ekonomi kreatif, diplomasi kebudayaan, dan gelar pameran.
 
Laporan: Ayatullah Humaeni/Bogor

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024

Optimisme kemenangan dirasakan timnas Indonesia untuk merebut kembali piala di turnamen bergengsi Piala Thomas dan Piala Uber 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024