Investasi US$5 Miliar

Krakatau Sambut Baik Niat Posco

VIVAnews - Niat Pohang Steel Company (Posco), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) asal Korea berinvestasi sebesar US$5 miliar disambut baik pihak PT Krakatau Steel.

SBY Yakin Duet Renan Buiatti-Reza Beik Jadi Pertahanan Tangguh Jakarta LavAni

"Sudah sejak lama Posco berniat menjadi mitra. Ide awalnya membentuk kerjasama komersial bisnis, " kata Direktur Utama Krakatau Steel Fazwar Bujang di Jakarta, Selasa, 16 Desember 2008.

Menurut Fazwar, sebetulnya bukan hanya Posco saja yang tertarik untuk berinvestasi di Krakatau Steel, perusahaan baja Doshan dan Nanjing Steel juga berminat.

Dia mengatakan, pembicaraan kerja sama dengan Posco masih dalam tahap awal. "Pembicaraan bisnis masih prematur, masih terlalu dini untuk diberitakan," jelas Fazwar.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Namun, Fazwar mengakui, pembahasan saat ini sedang dalam tahap menyusun studi kelayakan (feasibility study), terutama menentukan jenis produk baja agar produksi tidak saling berbenturan.

Fazwar melanjutkan, sekarang ini belum ada pembahasan skema bisnis yang akan disepakati dengan Posco. Sebab, tahapan prosesnya masih panjang. Masih harus penentuan produk, potensi kerjasama, kesepakatan kapasitas, skema bisnis, dan izin dari pemegang saham.
Setelah penyusunan studi kelayakan, kata dia, baru dibentuk perjanjian pentukan perusahaan patungan (joint venture agreement) dan mencari pendanaan.

Fazwar mangatakan, pendanaan untuk kerja sama tersebut akan bersumber dari perbankan asing. "Tidak mungkin hanya mengandalkan bank domestik dan dana internal," ujarnya.

Sehingga, dia menginginkan permasalahan pendanaan tidak menghambat kerja sama kedua pihak ini. "Bisa jadi enam bulan atau 1,5 tahun, sulit karena perbankan begitu konservatif," kata Fazwar.

Korea, kata Fazwar, setiap tahun mengimpor lebih dari 5 juta ton baja. Sama halnya dengan Indonesia. masih cukup banyak impor produk yang belum bisa dihasilkan dalam negeri. "Mungkin bisa jadi sinergi," tegasnya.

Ledakan Terdengar di Bandara hingga Pusat Nuklir Iran
Ilustrasi nge-Gym

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Berolahraga adalah kegiatan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Namun, seringkali kita menghadapi masalah bau tidak sedap setelah sesi latihan yang intens.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024