Tolak Rancangan UU Pendidikan

200 Mahasiswa Bergerak Menuju Gedung Dewan

VIVAnews - Sekitar 200 mahasiswa gabungan dari Universitas Indonesia dan Aliansi Mahasiswa akan menggelar aksi unjuk rasa. Mahasiswa menolak rencana pengesahan Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (RUU BHP).

"Kita menolak RUU BHP. Karena Undang-Undang itu akan mengurangi tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan pendidikan sebagai hak dasar," ujar Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia, Edwin Nofsan Naufal dalam perbincangannya dengan VIVAnews, Rabu 17 Desember 2008.

Rancangan Undang-Undang terebut, lanjut Edwin, akan meliberalisasi pendidikan di Indonesia. Jadi, ujar dia, pendidikan akan dilihat sebagai komoditas dagang. Maka itu, mahasiswa menuntut pemerintah untuk menjalankan dan menyediakan pendidikan bagi masyarakat.

"Salah proyek percobaan RUU itu yakni konsep UI dan tujuh kampus lainnya yang sudah menjadi Badan Hukum Milik Negara atau BHMN," kata Edwin. Konsep BHMN itu, menurut Edwin, telah menyebabkan biaya perkuliahan di UI menjadi meroket. Belum lagi ada mekanisme ujian mandiri dan kenaikan biaya lainnya.

"BHMN terbukti gagal, tapi pemerintah membuktikan berhasil," kata Edwin. Dalam aksi ini, sekitar 200 orang dari berbagai kampus akan berkumpul di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Rapat paripurna Dewan akan mengesahkan empat rancangan undang-undang, termasuk Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks
Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024