Soal PHK, Presiden Minta Kadin Koordinasi

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK). Meskipun imbas krisis ekonomi global sudah mulai terasa bagi pengusaha.

"Saya minta kepada Kadin, kalau ada PHK dibicarakan dulu dengan pemerintah," Ujar Presiden Yudhoyono dalam Musyawarah Nasional V Kadin, di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu 21 Desember 2008.

Presiden Yudhoyono berharap dengan adanya diskusi ini ada jalan keluar selain pemutusan hubungan kerja. Kadin, kata dia, tidak boleh memutuskan sepihak masalah PHK. Ini upaya melindungi masyarakat dari keterpurukan perekonomian. "Pemerintah, Kadin, dan Bank Indonesia harus bersama-sama menghadapai krisis global," katanya.

Presiden mengaku telah meluncurkan beberapa program untuk mengembangkan sektor riil agar kondisi perekonomian nasional tetap sehat. Langkah itu seperti pembukaan lapangan kerja, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri).

Selain itu, Presiden Yudhoyono meminta Kadin membangun dunia usaha yang kompetitif. Dengan langkah itu, imbas krisis global bisa ditekan. "Kadin juga perlu membangun mentalitas dunia usaha agar pertumbuhan ekonomi nasional tetap jalan," katanya.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024