Ancaman Penyakit Kaki Gajah

2.000 Warga Depok Minum Obat Pencegah

VIVAnews - Sebanyak 2.000 warga di Kota Depok meminum obat kaki gajah secara serentak yang dibagikan oleh Dinas Kesehatan Kota Depok. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit kaki gajah atau yang biasa disebut filariasis.
 
Warga yang meminum kaki gajah tersebar di tiga kecamatan di Kota Depok,  mereka tersebar dari 33 kelurahan, antara lain Kecamatan Limo, Pancoran Mas, dan Sawangan.

Dalam pengobatan masalah ini Dinas Kesehatan Kota Depok menerjunkan 3.300 kader kesehatan dan 25 supervisior. Obat yang dibagikan kepada warga mencapai 2.432.705 butir obat kaki gajah atau DEC

Penyakit Kaki Gajah pertama kali ditemukan di Jakarta pada tahun 1889.  Disebut penyakit Kaki Gajah karena pada stadium lanjut dapat menimbulkan cacat menetap seumur hidup, berupa pembesaran kaki ( seperti kaki gajah) dan pembesaran bagian tubuh yang lain seperti lengan, kantong buah zakar, payudara dan alat kelamin wanita.

Penyakit Kaki Gajah di Jawa Barat sampai dengan saat ini dari 37.664 sample yang di Tes darahnya sebanyak 875 orang telah positif terjangkit penyebab kaki gajah yaitu cacing filaria, yang dibawa oleh nyamuk mansonia.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Laporan : Ramuna/ Depok

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024