Penguin Raja Terancam Punah

VIVAnews – Penguin, pasti teman-teman tahu burung yang tidak bisa terbang ini. Bentuknya sangat lucu dan menggemaskan. Nah, ternyata ada berbagai jenis penguin yang hidup di benua Antartika, salah satunya adalah penguin Raja.

Bentuk pinguin Raja sangat khas. Kalian bisa mengenalinya karena pinguin Raja memiliki garis kuning di bagian kepala dan lehernya. Beratnya mencapai 16 kilogram untuk jantan dan 14 kilogram untuk betina. Penguin Raja ini banyak tinggal kepulauan kecil di Antartika seperti pulau Falkland Macquarie, Crozet dan Marion.

Para anak-anak penguin Raja cukup mandiri lho. Setelah mereka lahir pada bulan November, mereka sudah ditinggal oleh orang tuanya. Para orang tua penguin ini berenang beratus-ratus kilometer untuk mencari makan. Makanannya berupa ikan-ikan kecil dan gurita.

Setelah mendapat cukup makanan, para orang tua pinguin ini akan kembali untuk mengurus anak-anaknya. Nah, untuk mengetahui keseharian para anak-anak penguin Raja saat ditinggal orang tuanya, peneliti dari Pusat Penelitian Nasional Perancis di Strasbourg, France, melakukan penelitian.

Para anak-anak penguin dipasang sebuah alat elektronik, supaya keberadaannya bisa dilacak. Dengan begitu peneliti bisa melihat keseharian mereka dan bagaimana cara mereka bertahan hidup. Saat para anak-anak penguin ini ditinggal memang banyak yang mati tetapi ada juga yang tetap hidup

Nah, ada kabar yang menyedihkan dari penguin Raja teman-teman. Pemanasan global yang terjadi ternyata membuat jumlah penguin Raja di benua Antartika semakin berkurang. Jika mereka biasanya berenang dan bermain-main di air yang dingin, sekarang karena pemanasan global, air tempat mereka bermain menjadi semakin panas. Mereka jadi tidak nyaman untuk bermain bahkan ada pinguin yang mati karena airnya terlalu panas untuk kulit mereka.

Diperkirakan jumlah penguin Raja akan semakin berkurang. Jika pemanasan global terus terjadi serta lingkungan tempat mereka hidup juga tercemar, maka 20 tahun lagi penguin Raja akan punah. Wah, jangan sampai hal itu terjadi ya teman-teman!

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan, nilai tukar rupiah akan terus ada di level Rp 16.000 per dolar AS hingga kuartal III-2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024