Libur Tahun Baru

Tempat Hiburan Gelar Acara Hanya 2 %

VIVanews - Krisis ekonomi global berimbas juga terhadap jumlah acara tahun baru yang digelar tempat hiburan. Tercatat hanya sebanyak 89 tempat hiburan atau 2 persen dari 4.450 tempat hiburan di DKI Jakarta


Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan dari 89 tempat hiburan itu mereka hanya menampilkan 129 acara.

Jika dibanding tiga tahun sebelumnya, penyelenggaraan perayaan malam Tahun Baru yang dilakukan oleh tempat hiburan ini, turun sebesar 3,3 persen dan penurunan jumlah acara sebesar 11,1 persen.

Penurunan ini, kata Arie, disebabkan adanya penurunan daya beli masyarakat dan adanya efisiensi pengeluaran untuk konsumsi hiburan.

Selain itu juga disebabkan adanya peningkatan kualitas dan pilihan hiburan yang lebih beragam dari media televisi sebagai faktor substitusi hiburan masyarakat.

Komposisi jumlah industri pariwisata yang menyelenggarakan acara hiburan malam Tahun Baru 2009 yaitu hotel sebanyak 48,3 persen, yaitu terdiri atas restoran, bar dan kafe sekitar 28,1 persen, klab malam 10,1 persen, diskotek 5,6 persen dan musik hidup, karaoke dan taman rekreasi 7,1 persen.

Kendati mendapat pengamanan dari Polda Metro Jaya, Dinas Pariwisata juga akan melakukan pengawasan terpadu dengan menerjunkan 2.225 personel.

Antara lain terdiri dari unsur Dinas Tramtib dan Linmas DKI sebanyak 70 orang, Dinas Pariwisata 20 orang, Dinas Pendapatan Daerah 10 orang, Dinas Bintalkesos 5 orang, Bawasda, Bakesbang, Biro hukum dan Biro Askesmas masing-masing 10 orang, Polda Metro Jaya 30 orang, wilayah walikotamadya 50 orang serta dukungan organisasi kemasyarakatan sebanyak 2.000 orang.

Semuanya diterjunkan agar acara malam Tahun Baru berjalan sesuai dengan Pergub No 94 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Acara Hiburan Menjelang dan Pada Saat Tahun Baru 2009.

Dalam pergub itu disebutkan acara penyambutan Tahun Baru dilaksanakan pada 31 Desember mulai pukul 19.00 hingga 1 Januari pukul 04.00.

Jika tempat hiburan ada yang melanggar peraturan tersebut akan dikenakan sanksi administrasi berupa penghentian pertunjukan dan penutupan usaha hiburan paling lama 30 hari.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024