Jeruk Nipis Meluruhkan Lemak?

Tanya:
Saya (28) mempunyai masalah kelebihan berat badan (berat 110 kg/ tinggi 170). Beragam pola diet sudah saya lakoni. Namun, baru seminggu mengurangi asupan makanan, badan terasa lemas.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Tapi, jika tidak berdiet, berat badan yang semula sempat turun, jadi naik lagi, malah melebihi berat semula. Sekarang, tiap pagi saya rutin minum segelas air jeruk nipis tanpa gula, untuk membantu menghilangkan lemak di perut. Amankah itu?

anixxx@cbn.net.id

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Jawab:

Kebiasaan Anda minum jeruk nipis pada pagi hari sebaiknya dihentikan. Jeruk nipis ini tidak dapat melarutkan lemak tubuh, tetapi malah membahayakan kesehatan karena dengan keasamannya yang tinggi, jeruk nipis dapat merusak dinding lambung. Lemak hanya dapat dikikis melalui kegiatan jasmani, seperti olahraga.

Terapkanlah disiplin diri terlebih dahulu dengan mengatur makan dan berolahraga secara teratur. Sebagai awalnya, Anda bila melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki selama 45-60 menit setiap paginya. Selain itu, penting sekali mengatur porsi makan Anda. Porsi terbanyak adalah makan siang (itu pun setelah dikurangi seperempat dari porsi yang biasa Anda makan), sedangkan makan malam cukup separuh dari porsi makan siang, dan makan pagi 2/3 porsi saja.

Setelah makan malam, jangan langsung tidur, tapi tunggulah minimal 2 jam. Hindari ngemil. Untuk selingan pagi, makanlah sepiring kecil buah segar, sedangkan untuk selingan sore, Anda dapat minum segelas susu non-fat. Jika masih terasa lapar, Anda masih boleh menyantap buah-buahan (apel, pir).

Cak Imin Serahkan 8 Agenda Perubahan PKB ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Konsultan:
dr. Luciana B. Sutanto
Ahli Gizi

Konversi motor BBM menjadi motor listrik.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Masyarakat pengguna kendaraan motor beroda dua yang berbahan bakar minyak (BBM) bisa melakukan konversi menjadi motor listrik secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024