Survei Terbaru LSI

Demokrat Sodok PDI-P di Urutan Pertama

VIVAnews -- Seiring dengan meningkatnya popularitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Partai Demokrat juga merebut posisi PDI-P sebagai partai yang paling banyak dipilih oleh masyarakat.

Demikian hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia, selama 10-22 Desember 2008. Menurut survei yang diungkap Minggu 4 januari 2009 itu, bila pemilu digelar saat ini, Demokrat akan berada di posisi teratas dengan 23 persen suara.

Hasil ini menjungkir balikkan hasil riset LSI sebelumnya, di mana Demokrat masih berada di posisi ketiga setelah PDI-P dan Golkar dengan perolehan 12,1 persen.

Sukses Demokrat itu, menurut Direktur LSI, Saiful Mujani, tak lepas dari langkah kebijakan terakhir yang ditempuh Presiden SBY.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

"Hasil ini merupakan kenaikan berlanjut sejak September 2008, yang terkait dengan citra partai, kepemimpinan SBY, evaluasi kebijakan pemerintahan, serta kampanye lewat media," kata Saiful di kantornya, di Jl Lembang Terusan Menteng, Jakarta Pusat.

Tak hanya disalip Demokrat, perolehan suara PDI-P juga mengalami penurunan dari sebelumnya. Bila pada riset LSI September lalu PDI-P meraih 18,6 persen, kini PDI-P hanya mendapat 17,1 persen.

Namun, penurunan tak hanya terjadi pada PDI-P. Partai Golkar, yang sebelumnya di posisi kedua juga turun ke posisi ketiga, dengan suara yang merosot dari 18,5 persen menjadi 13,3 persen.

Begitu pula Partai Keadilan Sejahtera yang suaranya turun dari 6,3 menjadi 4,0 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa dari 5,7 persen menjadi 4,8 persen.

Kenaikan suara justru dialami oleh Partai Gerindra dan PPP. Gerindra meraih 3,9 persen dari sebelumnya 3,2 persen, dan PPP berada di bawah Gerindra dengan meraih 3,1 persen suara.

Selain itu, Partai Hanura meraih 1,3 persen suara. Responden yang memilih partai 'lain-lain' sebesar 7 persen, dan yang menyatakan belum tahu memilih siapa, sebanyak 20 persen.

Survei LSI ini menjaring suara 2.200 reponden dari berbagai daerah di Indonesia, dengan margin kesalahan kurang lebih 2,2 persen, dan tingkat kepercayaaan 95 persen. Metode riset menggunakan multistage random sampling.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024