Pra Piala Asia 2011

Bendol Acungkan Jempol untuk Rachmat Latief

VIVAnews -  Rachmat Latif memang tergolong muka baru di di timnas proyeksi Pra Piala Asia (PPA) 2011. Tapi, aksinya di lapangan sudah mampu mencuri perhatian pelatih timnas Benny Dollo.

Program pemusatan latihan timnas PPA 2011 akhirnya hanya diikuti oleh 25 pemain. Pasalnya, dua pemain, yakni Irsyad Aras dan Wijay dicoret dari daftar akibat tak bisa mengukuti program pemusatan latihan dengan alasan yang berbeda.

Dari 25 nama yang tersisa, tiga pemain merupakan muka baru. Masing-masing adalah Peter Rumaropen, Djayusman Triasdi, dan Rachmat Latief. Dua nama terakhir merupakan pemain yang masih berusia di bawah 21 tahun.

Ketiga pemain itu diturunkan saat timnas menggelar uji coba kontra legiun asing di Lapangan Pelita Jaya, Sawangan, Depok, Selasa, 6 Januari 2009. Namun yang mendapat pujian hanya Rachmat.

"Peter dan Djayusman sepertinya masih butuh adaptasi. Tapi, perkembangan Rachmat saya pikir cukup luar biasa," kata Benny kepada wartawan usai uji coba. 

Menghadapi legiun asing, Rachmat memang mendapat kesempatan spesial. Bersama Pieter Rumaropen dia turun di babak pertama. Pemain timnas U-21 itu menempati lini belakang bersama Isnan Ali, Ricardo Salampessy, dan Charis Yulianto.

Meski tergolong paling muda Rachmat terlihat tidak canggung bermain bersama senior-seniornya. Beberapa kali pemain kelahiran Makassar, 27 September 1988 mampu menyelamatkan gawang timnas dari gempuran lawan.

Dengan tinggi badan mencapai 184 cm, Rachmat juga andal dalam perebutan bola-bola atas. Kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan saat bertemu Oman yang punya pemain-pemain dengan postur tubuh jangkung, 19 Januari 2009.  

Meski tak segan melontarkan pujian, Bendol belum memberi lampu hijau bagi Rachmat di tim inti. Dia mengaku masih harus melihat perkembangan seluruh pemain hingga 9 Januari 2009 nanti.

"Kami masih lihat hingga uji coba kedua nanti. Saya sudah dapat gambarannya, tapi finalnya nanti setelah uji coba kedua saja," kata Bendol.

Biodata
Nama              : Rachmat Latif
Lahir               : Makassar, 27 September 1988
Tinggi/Berat     : 184 cm/79 kg
Posisi              : Stopper
Karir                : MFS (2000-2005)
                        Timnas U-17 (2005)
                        Persib U-23 (2006)
                        PSM Makassar (2007)
                        Timnas U-19 (2008)
                        Timnas U-21 (2008)

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024