Mass Rapid Transit

Beroperasi Komersial Kuartal Kedua 2015

VIVAnews - Pembangunan konstruksi mass rapid transit (MRT) baru akan dilaksanakan pada kuartal terakhir 2010 dan akan selesai pada awal 2015.

Untuk target operasi pertama untuk tes run pada kuartal pertama  2015. "Baru komersial full pada kuartal kedua tahun 2015," kata Direktur PT MRT Jakarta, Eddi Santosa kepada VIVAnews.

Eddi mengatakan, proyek MRT ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Namun dia mengakui kemacetan bukan hanya diselesaikan oleh satu model transportasi saja.

Namun dia yakin, dengan beroperasinya MRT ini bisa mengubah perilaku perjalanan. Artinya ruang gerak di kota tidak disesaki oleh kendaraan pribadi, karena semua orang akan lebih memilih MRT.

Selain itu emisi dari pembuangan bahan bakar kendaraan juga akan berkurang. "Tapi tujuan besarnya adalah merestorasi kembali wajah kota ini," tukasnya.

PT MRT Jakarta akan membangun 12 stasiun yang meliputi 4 stasiun subway (bawah tanah) dan 8 stasiun melayang.

Sebanyak 8 stasiun akan dibangun di jalur layang yakni di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A,  Blok M, Sisingamangaraja, dan Senayan.

Sedangkan 4 stasiun di bawah tanah (subway) akan dibangun di Istora Senayan, Bendungan Hilir, Setiabudi dan Dukuh Atas.

Untuk tarifnya akan dipatok Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu untuk jarak terjauh. Namun tarif ini baru akan berlaku pada tahun 2015 ketika MRT mulai beroperasi. Tarif akan berlakukan semurah mungkin, karena nantinya akan disubsidi pemerintah.

Armada mass rapid transit (MRT) yang akan disiapkan berupa 17 set kereta dengan total gerbong sebanyak 102 unit. Kereta bisa melaju pada kecepatan antara 80 kilometer hingga 100 kilometer per jam.

Dengan kecepatan maksimal kereta 80 hingga 100 kilometer per jam, maka dengan total track sepanjang 14,5 kilometer akan ditempuh dalam waktu 27 menit, termasuk pemberhentian di 12 stasiun.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Ingin berdiskusi masalah subway, silakan kli VIVAnews Forum.

Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024