Gejolak Ekonomi

Situasi Global Pengaruhi Pasar DRAM

iSuppli, sebuah lembaga riset pasar, mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan laporan perkiraan pasar chip di tahun 2008, termasuk pengaruh dari krisis ekonomi yang melanda. Seperti diinformasikan oleh Extremetech, Kamis 9 Oktober 2008, perusahaan riset tersebut juga memperingatkan potensi dampak negatif yang akan terjadi di tahun 2009 mendatang.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Tahun ini, penghasilan industri semikonduktor global diperkirakan naik menjadi USD 280,1 miliar. Naik 3,5 persen dari angka USD 270,6 miliar di tahun 2007. Menurut perkiraan iSuppli sebelumnya yang diumumkan Agustus lalu, prediksi pertumbuhan yang mereka buat untuk tahun 2008 ini adalah 4 persen.

Dampak negatif dari industri chip merupakan nilai positif untuk konsumen. Harga menjadi turun, khususnya untuk DRAM. iSuppli menyatakan bahwa kondisi ekonomi saat ini akan menurunkan keuntungan industri semikonduktor tahun 2008 sampai 5,8 persen, sedangkan khusus untuk DRAM, penurunannya diperkirakan mencapai sekitar 5,4 persen.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Menurut laporan iSuppli, akibat dari ketersediaan yang berlimpah dalam waktu lama, pasar DRAM mulai mengalami penurunan permintaan dari industri komputer di bulan September. Perkiraan pertumbuhan komputer sendiri menurut iSuppli naik mencapai 12,5 persen dibanding tahun 2007.

Perbedaan utama dibandingkan dengan penurunan yang terjadi sebelumnya di pasar memori adalah permintaan untuk PC dan komponennya yang telah menurun. Sebelumnya, industri memori membuat memori secara agresif dengan harapan untuk mengambil market share dan akhirnya membuat pasar menjadi jenuh. Sekarang ini, dengan adanya ramalan dari perusahaan seperti Netgear (perusahaan yang bergerak di bidang jaringan) yang menyatakan bahwa kerugian akan muncul karena turunnya permintaan dari pengguna, efeknya pada pasar DRAM bisa semakin buruk.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Tetapi tidak semua isi laporan iSuppli menyebutkan hal buruk. Perangkat ASSP (Application Specific Standard Product), tipe produk tertentu yang dibuat untuk untuk penggunaan spesifik mulai dari harddisk sampai radio baseband di ponsel, menurut iSuppli akan mengalami kenaikan keuntungan di tahun 2008 ini. Kira-kira sebesar 3,2 persen dibanding tahun lalu.

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024