Harga BBM Turun Lagi

Inflasi Januari Diduga Turun 0,53%

VIVAnews - Penurunan harga bahan bakar minyak untuk yang ketigakalinya diprediksi akan menarik inflasi ke arah penurunan. Pada Januari ini, inflasi diprediksi turun minimal 0,53 persen.

Pada Desember 2008 lalu, setelah penurunan bahan bakar minyak sebanyak dua kali, terjadi deflasi 0,04 persen.

"Tentu dari komoditas lain  pemerintah mengharapkan ada penurunan, dengan demikian diharapkan Januari dan Februari inflasi mengalami penurunan yang signifikan,” kata Sri Mulyani dalam keterangan persnya usai melakukan rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 12 Januari 2009.

Menurut Sri Mulyani yang juga Plt Menko Perekonomian, dihitung sejak awal Desember 2008 hingga 15 Januari nanti saat harga baru BBM diberlakukan untuk umum, sudah terjadi penurunan harga sebanyak 25 persen untuk premium dan 18,2 persen untuk solar. Sesuai keputusan, harga baru yang berlaku pertengahan bulan ini sebesar Rp 4.500/liter untuk premium dan solar atau turun masing-maisng Rp 500/liter dan Rp 300/liter.

Sri Mulyani yakin dengan penurunan harga premium dan solar ini, harga barang juga akan turun. Pemerintah, kata dia, akan terus mengupayakan  memangkas berbagai faktor yang menghambat penurunan harga.

"Kalau dilihat penurunan harga premium yang mencapai 25 prsen dan solar yang 18,2 persen, ini sangat signifikan untuk mengurangi dampak langsung terhadao biaya produksi," katanya.

Pemerintah, menurut dia, melihat masih ada ruang bagi keseluruhan harga barang dan jasa yang dipengaruhi BBM ini untuk putaran pertama. "Pemerintah akan menggunakan seluruh upaya baik policy beban, penurunan harga atu pun berbagai law enforcement, apa benar mereka (pengusaha) tidak mampu menurunkan? Pasti pemerintah akan beri respons secara akurat," tegas dia.

Di Gedung Departemen Keuangan, Sri Mulyani juga menuturkan, dengan penurunan harga BBM dan sejumlah komoditas, konsumsi masyarakat bisa dijaga sehingga target pertumbuhan 4,5-5 persen tahun ini bisa tercapai. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat, pemerintah juga akan meningkatkan pendapatan dengan kenaikan gaji dan tunjangan untuk PNS, dan program-program seperti PNPM. "Pemerintah akan terus memantau sektor riil akan tetap bergerak," katanya.

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
Rilis TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berfikir Panjang

TikTokers Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama Islam. Ia terancam 6 tahun penjara

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024