Indeks Saham di Wall Street Anjlok

VIVAnews - Semua indeks harga saham di bursa Wall Street anjlok di akhir perdagangan Rabu sore waktu New York, 14 Januari 2009 (Kamis pagi WIB). Pemicunya adalah data penjualan ritel yang suram dan kekhawatiran para investor terhadap kesehatan dunia perbankan dan perusahaan yang akan melaporkan hasil penerimaan kuartal. Indeks saham industri Dow Jones sempat anjlok lebih dari 300 poin sebelum ditutup turun 248 poin.

Indeks Dow anjlok 248,42 poin (2,94 persen) ke level 8.200,14. Penurunan yang dialami Dow merupakan penurunan terbesar sejak 1 Desember 2008, sekaligus menjadi sesi keenam di mana indeks Dow mengalami penurunan berturut-turut. Namun, posisi yang dicapai indeks blue chip ini masih lebih tinggi 9 persen daripada level yang diraih pada November tahun lalu.

Indeks selain indeks Dow juga mengalami penurunan serupa. Indeks gabungan Nasdaq turun 56,82 poin (3,67 persen) ke posisi 1.489,64, dan indeks Standard & Poor 500 jatuh 29,17 poin (3,35 persen) ke level 842,62.

Sebenarnya apa yang terjadi? Penjualan ritel pada musim liburan lalu lebih buruk daripada yang diperkirakan, tingkat pengangguran melampaui 7 persen untuk kali pertama dalam 16 tahun terakhir, ekonomi global terkikis lebih cepat, dan perusahaan-perusahaan mulai dari Alcoa, Intel, hingga Wal-Mart, mengecewakan investor.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Apple menjadi perusahaan terbaru yang datang dengan berita buruk kemarin, dengan CEO Steve Jobs mengatakan dia sedang menjalani perawatan dan akan cuti dari perusahaan.

"Saat ini kami tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa "terjun bebas" itu telah berakhir," kata Robert Dye, ekonom senior PNC Financial Services Group di Pittsburgh. Seperti ekonom lain, Dye mengira pasar saham dapat jatuh lagi mendekati poin rendah November 2008.

Saat itu, indeks S&P 500 mencapai penutupan terendah dalam 11 tahun terakhir, yaitu di level 752. Sedangkan pada saat itu, indeks Dow mencapai titik terendah dalam lima tahun terakhir, yaitu di posisi 7.552. (AP)

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
Evakuasi jasad NA istri yang dibunuh oleh suaminya.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Menurut saksi, suami dan istri itu sempat bertengkar hebat di kamar. Ada luka tusukan di bagian kepala korban.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024