Rupiah Tak Berdaya Lagi, Stop di 11.193/US$

VIVAnews - Setelah sempat menguat pada perdagangan Rabu, kurs rupiah pada Kamis 15 Januari 2009 kembali melemah. Mata uang ini berhenti di posisi 11.193/US$.

Baik data kurs tengah Bank Indonesia maupun data indeks mata uang di Bloomberg pukul 16.30 WIB menunjukkan, rupiah berada di posisi 11.193/US$. Padahal sehari sebelumnya kurs tengah tercatat 11.168/US$. Tidak hanya rupiah, indeks juga memperlihatan pelemahanĀ  pada sebagian besar mata uang di kawasan Asia Pasifik.

Pelemahan terbesar terjadi mata won Korea Selatan yang turun 2,03 persen, disusul rupe India 0,55 persen peso Filipina 0,47 persen, ringgit Malaysia 0,70 persen, dolar Hong Kong 0,01 persend an dolar Singapura 0,31 persenm. Sedangkan mata uang yang mengalami penguatan adalah yen Jepang, dolar Australia 0,26 persen, dolar New Zealand 1,36 persen, yuan Cina 0,05 persen dan baht Thailand 0,04 persen.

Pelemahan ini dipengaruhi sejumlah kondisi, baik dari sisi eksternal maupun internal. Dari eksternal, kekhawatiran resesi global kian dalam semakin tinggi yang ditunjukkan dari ambruknya harga-harga saham di Wall Street danĀ  kawasan regional sehingga ikut menggoyang pasar uang. Sementara dari sisi internal kondisi perekonomian di dalam negeri ikut mempengaruhi.

Penurunan saham-saham di lantai Bursa Efek Indonesia yang melebihi 43 poin hari ini berpengaruh besar pada pasar uang di dalam negeri, sehingga membuat rupiah ikut terpuruk.

Sedangkan di Korea Selatan, terpuruknya won, juga disebabkan rendahnya perkiraan pertumbuhan pada tahun 2009. Wakil Menteri Keuangan Bae Kook Hwan seperti yang dikutip Bloomberg mengatakan, pertumbuhan ekonomi 2009 diperkirakan akan lebih rendah dari yang diperkirakan bank sentral. Desember lalu, bank sentral memperkirakan pertumbuhan sebesar dua persen. Namun pemerintah memperkirakan angkanya akan lebih rendah dari dua persen.

Sidang Lanjutan Sengketa Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Bakal Hadir?
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Harvey Moeis Dinyatakan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi, Sandra Dewi: Gue Takut Ditegur Tuhan

Melalui sebuah video youtube yang diunggah pada akun @melaneyricardo, Sandra Dewi mengungkapkan bahwa ia memiliki ketakutan dengan

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024