Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

10 Ribu Liter Premium Terancam Rusak

VIVAnews - Sebanyak 23 tangki milik Depo Pertamina Plumpang selamat dari musibah kebakaran yang terjadi pada Minggu 18 Januari 2009. Namun, satu tangki premium dikhawatirkan rusak.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro, mengatakan, tangki itu bernomor 23, berada terdekat dengan tangki nomor 24 yang terbakar. "Kita nggak tahu premium di dalamnya bisa dipakai atau tidak karena sudah bercampur foam," ujarnya di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Senin 19 Januari 2009.

Foam merupakan cairan khusus yang disemprotkan ke dalam tangki yang tidak terbakar. Foam ini berfungsi mendinginkan bahan bakar sehingga tak mudah tersulut api yang berkobar di sekitarnya. Foam ini paling banyak disemprotkan ke tangki nomor 23 yang letaknya paling dekat dengan tangki yang terbakar. Ada 10 kiloliter premium di dalam tangki nomo 23.

Purnomo menambahkan, warga tak perlu khawatir dengan pasokan premium. Saat ini, depo Plumpang masih memiliki cadangan premium sebanyak 50 ribu kiloliter yang siap didistribusikan ke 645 stasiun pengisian bahan bakar umum di wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi.

Api membakar tangki nomor 24 sekitar pukul 21.15 WIB pada Minggu 18 Januari 2009. Kobaran api yang sempat membumbung hingga 50 meter itu baru berhasil padam sekitar 10 jam kemudian.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024