Internet Kian Terjangkau

Mobile Internet Diprediksi Tumbuh Pesat

Menurut hasil studi ReportLinker, kini pengguna internet di dunia mencapai lebih dari satu miliar orang. Persentase pengguna mobile sendiri hanya sebagian kecil. Pada laporan yang berjudul "Mobile Internet 2010" tersebut, disebutkan bahwa pengguna internet wireless dunia akan tumbuh hingga menyentuh angka lebih dari empat miliar pengguna, dan sebagian besar di antaranya mengakses melalui ponsel.
 
Akan tetapi, menurut laporan tersebut, potensi pertumbuhan bisa terhambat dengan kapasitas jaringan yang ada saat ini. Operator telekomunikasi yang ada diimbau untuk meningkatkan jaringan mereka dengan segera. Sementara vendor ponsel diharapkan untuk memproduksi handset-handset yang dilengkapi dengan fitur layanan Web yang memadai.

"iPhone menjadi salah satu ponsel pertama dengan desain browser Web yang bagus dan menarik,” kata Chief Executive Officer Google Eric Schmidt, seperti dilansir VIVAnews dari InformationWeek, Senin 19 Januari 2009. “Nantinya, akan banyak bermunculan produk-produk yang mengikuti,” ucapnya
 
"Sementara periklanan akan bergeser ke arah lebih personal, sifatnya langsung ke user. Beberapa tahun ke depan, kontribusi pendapatan periklanan mobile akan berkontribusi lebih besar dibandingkan perikalanan di Web biasa," ucap Schmidt.
 
Airmagnet, pemilik properti jaringan interoperabilitas (interop) terbaik pada Interop 2008 lalu bersama Wireless Analyzer dan Survey ToolCarriers telah menginvestasi miliaran dolar untuk membangun jaringan 3G mereka secara global. Sejak Juni 2008, dilaporkan pelanggan 3G WCDMA sebanyak 235 juta orang, mewakili 6,4 persen penetrasi mobile.
 
Sementara itu, sekitar 100 juta pelanggan lainnya menggunakan jaringan 3G EVDO. Menurut laporan tersebut, memperluas jangkauan dan menambah kapasitas data 3G adalah kunci untuk memikat perhatian para pengguna mobile Web. Karena memiliki jaringan 3G yang sangat besar pun tidak akan merangsang pertumbuhan mobile Web bila tidak ada nilai tambah bagi customer.
 
Dengan demikian, tak heran kini vendor-vendor raksasa ikut terlibat dalam isu Mobile Internet ini. Sebut saja raksasa periklanan Internet Google. Vendor yang berbasis di Mountain View itu baru-baru ini memperkenalkan sistem operasi barunya bernama Android. Peluncuran Android tersebut tidak hanya semata-mata untuk menambah jajaran produknya, tetapi Google dinilai jeli memproyeksi keuntungan yang bisa diraup di masa depan.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga
Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024