Preview Man-United vs Derby

Fergie Kembali Pasang Skuad Muda

VIVAnews - Sir Alex Ferguson kembali memberikan pengalaman kepada skuad muda Manchester United. Sir Alex akan melakukannya saat bersua Derby County di leg 2 semifinal Piala Liga di Old Trafford, Selasa 20 Januari 2009.

"Semua pemain muda akan tampil," sebut Fergusonkepada AFP seusai United memastikan bertahan di puncak klasemen Liga Inggris (Premier League) dari kejaran Liverpool.

United kalah 1-0 di leg 1 di kandang Derby, Rabu 7 Januari 2009. Meski begitu, Ferguson masih yakin pada skuad mudanya lawan tim Championship Division itu.

Manajer Derby, Nigel Clough, akan menjalani laga kedua bersama The Rams. Kubu The Rams berjanji untuk mengerahkan 12.000 fans ke Old Trafford.

Ferguson berencana akan memainkan winger Serbia, Zoran Tosic. Ini akan menjadi debut mantan pemain Partizan Belgrade itu. Tosic akan ditemani Setan Merah muda lainnya macam Danny Welbeck, Darron Gibson, Rodrigo Possebon dan juga Rafael untuk menghentikan keberuntungan Derby.

Meski mengerahkan skuad mudanya, Fergie sejak awal takkan melepas Piala Liga. Ia mencanangkan tampil di final di Stadion Wembley guna melawan Tottenham Hotspur yang diprediksi takkan kesulitan lolos berkat kemenangan telak 4-1 atas Burnley di leg 1.

"Saya tak akan mengambil risiko mengorbankan persaingan di Premier League hanya untuk Piala Liga. Saya yakin para pemain muda akan melakukan yang terbaik," ujar pria Skotlandia itu.

"Dalam laga ini, Anda akan menemukan atmosfer hebat dari para pemain muda," terang Ferguson. "Welbeck, Gibson, Rafael, juga Tosic, sangat bagus untuk dilibatkan."

Fergie menyebut izin kerja Tosic segera keluar. Dan bukan mustahil ia akan jadi starter. Yang jelas, kehadiran Tosic membuat komposisi pemain cadangan United makin kuat.

"Pemain yang terlibat di babak sebelumnya juga akan tampil di final. Saya berharap kami bisa meluncur ke sana. Mereka pasti takkan melewatkan kesempatan itu," tandas Ferguson.

Derby Percaya Diri

Ferguson menyebut duel ini akan seru. Terutama karena adanya pelatih baru di derby. "Ini akan jadi laga menarik. Sebagai pelatih baru ia pasti punya ide-ide baru. Apalagi, ia akan didukung 12.000 suporter.

Clough adalah anak Brian Clough yang juga mantan manajer Derby. Brian sangat terkenal karena pernah memenangkan Liga Inggris pada 1972. Saat itu Derby juga dibawanya ke semifinal Piala Champions.

Sedangkan debut Nigel ditoreh dengan kekalahan 2-0 dari QPR di kandang, Pride Park. Derby kini hanya terpaut dua poin dari zona degradasi, dan Nigel mengisyaratkan untuk bertahan.

Ia juga membidik Piala Liga. Dan Derby dijamin takkan bermain bertahan di Old Trafford.

"Piala Liga sayang untuk dilewatkan, meski Liga tetap prioritas utama," kata Clough. "Kami harus menunjukkan karakter. Mungkin akan sulit buat kami melupakan kekalahan dari QPR. Tapi, kami akan mulai berkonsentrasi ke Old Trafford."

Jika bermain bertahan, Derby sepertinya memang akan menggali kubur sendiri di hadapan skuad muda United. Mereka juga harus keluar menyerang jika ingin mempertahankan kemenangan satu gol di leg 1.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024