Sofyan Djalil

"Saya Siap Donorkan Organ Tubuh"

BERLOMBA-lomba dalam kebaikan memang bisa dilakukan semua orang dengan berbagai cara. Memberi makan anak yatim, bersedekah untuk fakir miskin, dan ada pula yang memilih cara dengan selalu membantu orang yang ingin menyebrang jalan di perlintasan jalan raya.

Hal itu pula, yang akan ditempuh Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sofyan Djalil.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Namun, kalau memberi makan anak yatim dan bersedekah pada kaum miskin, tentunya sering dilakoni dan bukan sesuatu yang aneh bagi dirinya sebagai seorang menteri.

Mungkin, karena itu pula, Sofyan bercita-cita mendonorkan seluruh organ tubuhnya jika kelak wafat sebagai cara lain dalam menuai kebaikan pada sesama. Bahkan, pesan mulia itu sudah disampaikan langsung kepada sang istri tercinya, DR Ratna Megawangi.

Pria asal Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) tersebut menuturkan keinginan menyumbangkan organ tubuh didorong keyakinan bahwa perbuatan itu jauh lebih bermanfaat dan berguna dibandingkan organ-organnya dibawa mati.

"Tradisi donor di masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Tolong perusahaan Asuransi Kesehatan (Askes) bisa mempromosikan program donor," ujar Sofyan yang pernah menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika tersebut usai melepas 30 mobil ambulans bantuan dari PT Askes di kantornya, belum lama ini.

Secara pribadi, dirinya juga berharap Askes bisa proaktif dalam melakukan kegiatan donor. Mulai dari donor darah, jantung, mata, ataupun ginjal. Bahkan tidak tanggung-tanggung, dia mengusulkan peserta Askes yang serius mendonorkan organnya bisa memperoleh penghargaan dari Askes.

Keseriusan menteri yang pernah mengenyam pendidikan di Amerika Serikat itu juga terlihat dari usulannya kepada Askes untuk menggelar kegiatan donor darah di lingkungan kementerian BUMN minimal sebulan sekali. "Saya salah satu orang yang bersedia. Sekarang darah menjadi masalah besar di Indonesia," tuturnya.

Pendeta Gilbert Lumoindong

Top Trending: Sosok Pendeta Gilbert Singgung Salat hingga Turis Korea Lakukan Aksi Tak Senonoh

VIVA menyuguhkan banyak berita dengan topik-topik yang sukses menyita perhatian pembaca hingga bertengger sebagai berita terpopuler kanal Trending. Berikut daftarnya

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024