Pembiayaan UKM, Bank Asing Bisa Jadi Contoh

VIVAnews - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Muliaman D Hadad mengangap positif adanya keterlibatan bank asing dalam bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Malah, diharapkan dengan adanya penetrasi bank-bank asing ini, ada pembelajaran baru yang bisa diperoleh lembaga keuangan di Indonesia.

"Mereka ketika datang ke sini tidak hanya membawa uang, tapi juga pengetahuan," ujar Muliaman dalam Rapat Kerja Nasional dan Forum Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah di Plaza Bank Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu 24 Januari 2009.

Dengan pengatahuan tersebut, menurut Muliaman, diharapkan bisa memperkuat kultur atau cara penyaluran keuangan ke masyarakat usaha mikro. "Mereka bisa menjadi contoh."

Pada kenyataanya bank asing ini memang diperlukan, karena lembaga keuangan di Indonesia masih banyak keterbatasan. Salah satunya dana dan sistem. "Kita kekurangan, padahal mereka sudah butuh," katanya. "Jika menunggu siap, kapan kita bisa mandiri."

Muliaman menegaskan, agar keberadaan bank asing ini dimanfaat secara prinsip atas keterbatasan dana dan keterampilan yang dimiliki perbankan nasional. "Ini bisa menjadi penyeimbang," katanya. Diharapkan sambil menunggu sumber pembiayaan baru yang terus dibangun, lembaga keuangan dalam negeri bisa menyiapkan kemampuan yang kompetitif.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Terkait kasus yang dialami oleh Alca Octaviani, ada 2 jenis obat yang telah ia konsumsi di antaranya adalah obat actifed yang mempunyai kandungan pseudoephedrine.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024