Krisis Perusahaan IT

Gaji Karyawan Yahoo Tidak Naik

Meski baru sekitar seminggu memegang jabatan, Carol Bartz, CEO baru Yahoo Inc., langsung melakukan keputusan berat. Ia mengimplementasikan pembekuan gaji karyawan. Artinya, tahun ini tidak ada kenaikan gaji.

Saat ini Yahoo sedang memperbaiki kinerja keuangannya dan merebut kembali pangsa pasar dari Google Inc., kompetitor berat mereka. Kondisi ekonomi yang tidak menguntungkan juga merupakan faktor yang mempersulit.

“Berdasarkan kondisi ekonomi terkini dan juga usaha kami untuk tetap fokus menjaga pengeluaran sebanding dengan penghasilan, kami telah memutuskan bahwa kenaikan gaji tahunan bukanlah langkah yang diinginkan oleh perusahaan dan juga pemegang saham,” ungkap Kim Rubey, seorang juru bicara Yahoo pada Computerworld seperti dikutip VIVAnews 25 Januari 2009. “Keputusan ini sejalan dengan fokus utama kami menurunkan biaya operasional yang merupakan usaha yang sudah berjalan beberapa waktu ini,” kata Rubey.

Sejumlah analis minggu sebelumnya mengatakan bahwa Bartz, yang dikenal di kalangan bisnis sebagai pebisnis yang tidak takut untuk mengutarakan pemikirannya harus membuat keputusan besar dan sulit segera setelah memimpin Yahoo.

Renny Ponvert, Chief Executive Officer of Management CV Inc., yang khusus menganalisa rekam jejak CEO dan eksekutif puncak perusahaan juga pernah menyatakan bahwa hal yang pertamakali harus dilakukan Bartz adalah meningkatkan moral karyawan. Meskipun langkah pembekuan kenaikan gaji tidak sejalan dengan itu, tetapi penyehatan perusahaan dapat menentramkan hati pegawai.

“Yahoo sendiri sudah goyang bahkan sebelum krisis ekonomi hadir,” kata Allan Krans, analis dari Technology Business Research Inc. “Orang berharap bahwa ia akan lebih disiplin secara operasional dibanding CEO sebelumnya, Jerry Yang. Serupa dengan Obama yang masuk dan membekukan kenaikan gaji staf senior,” ucapnya. Krans juga menyatakan bahwa sejumlah karyawan Yahoo sudah memperkirakan itu sebelumnya.

Yahoo terus kehilangan market share pada Google, dan tugas Bartz adalah bagaimana cara membuat kinerja perusahaan kembali meningkat di pasar yang telah berubah secara dramatis beberapa tahun belakangan.

Keputusan pembekuan kenaikan gaji Yahoo diungkapkan sehari setelah Microsoft mengumumkan rencananya melepaskan 5000 karyawan akibat penurunan keuntungan sebesar 11 persen ke angka 4,17 miliar dolar AS. Dari 5000 itu, sebanyak 1400 karyawan telah dirumahkan dalam minggu ini. Sehari sebelumnya, Google juga melaporkan bahwa keuntungan mereka di kuartal keempat menukik tajam.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024