Inggris Trauma Rasis di Madrid

VIVAnews - Laga persahabatan antara Timnas Inggris versus Spanyol pada 11 Februari tahun depan akan dipindahkan dari Madrid. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) melarang Tim The Three Lions tampil di ibukota Spanyol itu karena latar belakang rasisme.

Kekhawatiran FA tentu sangat beralasan. Pasalnya, pada 2004 lalu, The Three Lions juga menjalani partai persahabatan di Madrid. Celakanya, laga itu harus berakhir dengan tindakan rasis yang menimpa beberapa pemain Inggris.

Shaun Wright-Phillips menjadi pemain yang paling terkena imbas dari rasis yang dilakukan fans La Furia Roja. Selain winger Manchester City itu, Ashley Cole, Rio Ferdinand, Jermain Defoe dan Jermaine Jenas yang notabene berkulit hitam juga mendapat ejekan dari fans tuan rumah.

Akibat kasus rasis itu, Federasi Sepakbola Spanyol harus menerima denda sebesar 56.000 euro. Namun, ringannya hukuman terkait kasus rasis itu membuat kekhawatiran akan terulangnya insiden memalukan itu kembali mencuat.

Sebenarnya, kasus rasis yang dialami anggota Timnas Inggris itu bukan hal baru. Emile Heskey juga mengisi daftar catatan hitam kasus rasis di dunia sepakbola. Heskey mendapat perlakuan buruk dari para fans Kroasia.

"Laga ini adalah satu dari beberapa laga persahabatan yang diajukan Fabio Capello. Namun, hingga sekarang tempat digelarnya laga itu masih menjadi tanda tanya, meskipun telah ditandatangani," ujar Direktur Komunikasi FA Adrian Bevington.

"Bagaimanapun, pihak luar, FA dan Capello lebih memilih menggelar laga itu di luar Madrid karena insiden rasis. Fabio (Capello-red) secara total mendukung pertemuan ini," tambah Bevington.

Saat ini masih belum ditentukan tempat digelarnya laga persahabatan itu. Namun, media di Spanyol dan Inggris menyebutkan bahwa Sevilla dan Valencia menjadi tempat paling berpeluang menggelar laga itu.

Capello sendiri bukannya tak khawatir. Pelatih asal Italia itu meminta tuan rumah Spanyol agar serius menjaga sportivitas laga itu. Capello berpesan, status Spanyol sebagai jawara 2008 tentu tidak ingin tercoreng dengan tindakan rasis.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024