Kalla: Pemimpin Itu Dilahirkan

VIVAnews - Sosok dan jiwa kepemimpinan seorang tokoh itu sudah ada sejak lahir. Tetapi bila bakat alami itu tidak didukung faktor lain, maka tidak menutup kemungkinan si tokoh yang dilahirkan sebagai pemimpin itu justru gagal di tengah jalan.

"Ada yang mengatakan pemimpin dilahirkan, ada benarnya juga," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung Lembaga Pertahanan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Januari 2009. Kalla mengatakan hal itu dalam peluncuran buku berjudul Indeks Kepemimpinan Nasional karya Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional, Muladi.

Tetapi menurut Kalla, sosok pemimpin itu juga harus didukung faktor eksternal lain seperti pendidikan, latihan, dan pengalaman. Kalla menilai harus ada kombinasi tiga hal untuk menjadikan seseorang sebagai pemimpin nasional atau calon presiden.

"Seorang pemimpin yang dilahirkan tentu baik. Tetapi untuk bangsa yang dinamis begitu rumit persoalannya, tentu tidaklah mudah," jelas. Jadi, Kalla melanjutkan, orang yang hanya pintar tapi tanpa suatu leadership yang kuat juga tidak mudah menjadi pemimpin.

Begitu juga bila si tokoh itu mengetahui banyak hal tetapi tidak bisa menyampaikan kepada masyarakat, juga menjadi masalah tersendiri. Tetapi semua harus dengan pengalaman yang teruji.

"Saya yakin di antara kita semua, pemimpin bangsa ini atau di antara 230 juta bangsa Indonesia pasti banyak kita temukan pemimpin itu. Sekali lagi saya katakan pemimpin sangat tergantung pada masanya," ujar Kalla.

Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel
Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Kebakaran melanda toko frame di Mampang Jakarta Selatan pada Kamis malam, 18 April 2024. Sebanyak 7 orang tewas.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024