Gerhana Matahari Cincin

VIVAnews - Hari senin, 26 Januari 2009 kemarin ada fenomena alam yang sangat jarang terjadi yaitu gerhana matahari cincin. Banyak orang berlomba-lomba untuk bisa melihatnya.

Prediksi Premier League: Everton vs Liverpool

Tetapi, gerhana matahari cincin ini tidak boleh dilihat dengan mata telanjang karena bisa merusak mata. Kita bisa mendatangi tempat untuk melihat gerhana matahari dengan bantuan alat seperti teleskop. Salah satu tempat yang banyak didatangi adalah Planetarium dan Observatorium, Cikini, Jakarta Pusat.

Banyak sekali anak-anak yang datang untuk menyaksikannya. Nah, proses gerhana matahari cincin itu mulai terjadi sekitar pukul 15.21 WIB. Lalu, puncak gerhana atau saat bulan benar-benar menutupi matahari diperkirakan terjadi pada pukul 16.41 WIB. Kemudian gerhana matahari cincin benar-benar berakhir pada pukul 17.50 WIB saat bulan benar-benar bergeser dan tidak terlihat lagi.

Gerhana matahari cincin ini terjadi karena piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari dan hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan.

Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan akan terlihat seperti cincin yang bercahaya. Itulah yang dinamakan gerhana matahari cincin, teman-teman.

Sebenarnya gerhana matahari cincin dapat terlihat jelas di daerah Lampung. "Puncak gerhana yang sempurna seperti cincin terlihat di Tanjung Karang, Lampung," kata Amer Fatwa, petugas Planetarium dan Observatorium, Cikini, Jakarta.

Dan ternyata teman-teman, pada tahun 2009 ini selain ada gerhana matahari cincin yang sudah terjadi kemarin, ada juga gerhana matahari total, lho. Gerhana matahari total akan terjadi pada tanggal 22 Juli 2009  nanti. Jangan sampai tidak melihatnya ya.

Viral! Sopir Bus MGI Cekcok dengan Pengemudi Mobil di Tol Bocimi

Sopir Bus MGI yang Cekcok di Tol Bocimi dan Ngaku Anak Tentara Dinonaktifkan

Andi, sopir bus Maya Gapura Intan (MGI) yang viral terlibat cekcok dengan pengemudi mobil di Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) Kabupaten Bogor Sabtu (20/4) dinonaktifkan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024