Pemerintah Siapkan Anggaran Khusus Minyakita

VIVAnews - Pemerintah sedang menyiapkan anggaran khusus untuk menambal target produksi Minyakita.

"Sudah diusulkan ke DPR dan sedang dalam tahap menunggu persetujuan," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu usai peluncuran Minyakita di Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu 28 Januari 2009.

Ketika ditanya berapa usulan anggaran, Mari enggan menjawabnya. "Belum bisa saya sampaikan sekarang karena satu paket dengan subsidi lain, seperti bantuan langsung tunai," katanya.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Anggaran tersebut akan digunakan untuk mencapai target 11-15 persen konsumsi minyak goreng curah pada produksi Minyakita selama 10 bulan berikutnya.

Produksi yang melibatkan 24 produsen minyak tersebut diperkirakan hanya mencakup 3 - 5 persen konsumsi minyak goreng curah dengan total produksi sebanyak 4.500 ton per bulan.

Sedangkan untuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) produsen 10 bulan ke depan akan disiapkan seribu ton per bulan minyak goreng kemasan bermerk. Untuk peluncuran sudah disiapkan 250 ton yang disebar di seluruh Jakarta.

Melalui keikutsertaan pemerintah dengan anggaran subsidi tersebut dapat meningkatkan konsumsi Minyakita dan menggantikan minyak goreng curah di masyarakat. "Entah harganya atau jumlahnya yang akan ditetapkan masih menunggu anggaran," ujarnya.

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia Sahat M Sinaga mengatakan, anggaran pemerintah tersebut juga berfungsi mengantisipasi naiknya harga minyak sawit mentah atau CPO internasional pada produksi Minyakita. "Sekarang harga CPO US$ 485 per ton. Kalau harganya naik hingga US$ 800 per ton, tidak mungkin menjual minyak dengan harga Rp 6 ribu per liter," katanya.

Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024