Nutrisi Penting Untuk Gigi

VIVAnews – Saat mengalami sakit gigi, dunia terasa berputar lebih cepat. Kepalapusing, makan tak enak, tidur pun tak bisa nyenyak.

Agar gigi selalu terjaga kesehatannya, membersihkan saja tak cukup. Anda juga perlu mengasup makanan yang baik untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat.

“Kita semua tahu makanan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Begitu juga gigi. Makanan yang mengandung nutrisi penting bisa melindungi gigi dan gusi Anda,” ujar Paula Shannon Jones dari Academy of General Dentistry.

Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk gigi, kita juga harus menghindari makanan dan minuman yang  justru bisa merusak gigi seperti gula, alkohol dan sebagainya.
Makan dalam jumlah banyak juga bisa membantu mulut memproduksi saliva (air ludah) lebih banyak. Saliva inilah yang sangat berguna untuk membersihkan mulut dari bakteri.
Makanan berkarbohidrat

Para ahli gigi menyarankan Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat saat makan menu utama. Tapi Anda justru harus menghindari camilan berkarbohidrat seperti keripik kentang atau biskuit. Karena makanan seperti itu bisa menyebabkan abrasi pada email gigi.
Mengonsumsi minimal 800 miligram kalsium sehari

Sebanyak 99% kalsium yang ada dalam tubuh digunakan untuk tulang dan gigi. Jika asupan kalsium kurang dari 800 miligram sehari, Anda akan lebih mudah mengalami masalah gigi dan gusi. Asupan kalsium bisa diperoleh dari makanan seperti susu, keju, yogurt. Kalsium dalam makanan tersebut membantu memperkuat akar gigi terutama gigi taring dan geraham yang harus bekerja keras melumatkan dan mengunyah makanan.

Minum teh
Teh hitam dan teh hijau kaya kandungan polifenol, yaitu antioksidan yang mencegah terbentuknya plak. Dengan begitu, polifenol melindungi gigi dari terbentuknya karang gigi. Bahan tersebut juga bisa mencegah peradangan pada gusi atau gusi berdarah.

“Teh juga sangat baik untuk mengurangi bau mulut karena bisa membunuh bakteri yang menimbulkan bau tak sedap,” kata Christine D. Wu, PhD, dekan asosiasi dari Chicago College of Dentistry, University of Illinois.

Menurut penelitian yang dilakukannya, beberapa jenis teh juga mengandung fluoride alami yang membantu melindungi dan memperkuat email gigi.

Perbanyak vitamin C
Vitamin C sangat diperlukan untuk membuat sel tubuh bekerja bersama. Vitamin ini penting untuk imunitas tubuh, kesehatan kulit, dan juga gusi Anda. Orang yang mengonsumsi vitamin C kurang dari 60 miligram setiap hari memiliki risiko terkena sakit gusi 25% lebih banyak daripada mereka yang mengonsumsi vitamin C lebih dari 180 miligram.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Musuh gigi
Selain nutrisi di atas, ada kebiasaan sepele agar gigi sehat. Yaitu, gunakan sedotan saat minum miuman tertentu. Kebanyakan minuman bersoda, sport drink dan jus buah dalam kemasan mengandung zat citric dan phosphoric, yang dapat mengikis enamel gigi.

Zat ini juga ada pada produk yang mencantumkan label bebas gula. Untuk meminimalkan zat ini melewati barisan mutiara Anda, gunakan sedotan saat mengonsumsi minuman ini. Dengan begitu, enamel dapat terlindungi, kata penelitian yang dilakukan  British Dental Journal.

Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024