Media Simpan

Modul Memori 4GB Pertama

VIVAnews - September tahun lalu Samsung mengumumkan sedang mengembangkan memori DDR3 pertama yang memiliki kapasitas 2GB dan dibuat dengan proses produksi 50 nanometer. Dari rilis resminya yang VIVAnews terima, 1 Februari 2009, produsen asal Korea itu mengumumkan bahwa mereka telah menggandakan kapasitas chip sebelumnya dan berhasil membuat chip memori DDR3 berkapasitas 4Gbit pertama yang dibuat dalam teknologi produksi 50 nanometer.

Memori itu didesain untuk hemat energi dan hanya mengonsumsi beroperasi di 1,35 volt yang merupakan perbaikan 20% dibandingkan modul sebelumnya yang beroperasi di atas 1,5 volt. Informasi lainnya, kecepatan maksimum memori tersebut adalah DDR3 1600MHz. Dalam konfigurasi modul 16GB, memori baru itu menghemat energi sebesar 40% dibanding DDR3 2GB karena tingkat kepadatan chipnya lebih tinggi dan karena hanya menggunakan total 32 chip saja, tidak 64 buah seperti sebelumnya.

“Kami telah menggunakan seluruh kemampuan kami untuk membangun DDR3 4GB pertama dan memimpin industri DRAM berkapasitas besar,” kata Kevin Lee, Vice President, Technica Marketing Samsung Semiconductor, Inc. “Dengan mendesain memori DDR3 4GB kami dengan teknologi produksi 50 nanometer, kami telah menghasilkan solusi yang mampu menghemat biya secara signifikan untuk server dan pasar komputer secara keseluruhan,” ucapnya.

Meskipun dapat digunakan pada motherboard desktop berbasis chipset Intel X58, Samsung menujukan penggunaan memori ini pada server generasi terbaru yang hemat energi. Kombinasi konsumsi dayanya yang rendah tidak hanya menghasilkan biya listrik yang lebih kecil tetapi juga memangkas ongkos instalasi, perawatan, dan perbaikan termasuk perangkat power supply dan pendinginan.

Selain 4GB per modul, dengan chip memori itu Samsung juga bisa membuat modul memori 8GB untuk workstation, PC desktop dan notebook. Dengan mengaplikasikan teknologi dual-die package, Samsung juga bisa membuat modul memori hingga kapasitas 32GB per modul, dua kali lipat lebih banyak dibandingkan yang sebelumnya dimungkinkan dengan chip memori DDR3 2GB.

Samsung belum memberikan informasi lebih lanjut seputar kisaran harga ataupun ketersediaan produk tersebut ke pasaran.

Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka
Ilustrasi menikah adat Jawa.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Sebuah kisah menarik datang dari seorang MUA yang membagikan momen ketika seorang pengantin kesurupan gegara tidak berziarah kubur sebelum acara pernikahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024