Temuan 62 Rekening Robert Tantular

Rekening Penampung Tenangkan Nasabah Century

VIVAnews - Kalangan anggota DPR menilai penampungan 62 rekening milik Robert Tantular dalam escrow acount atau rekening penampung dimaksudkan agar dana itu tidak lari.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Langkah ini diperlukan untuk memberi ketenangan bagi para nasabah PT Bank Century Tbk yang duitnya dipindahkan ke PT Antaboga Delta Sekuritas. Kebanyakan dari nasabah Century itu menjadi korban produk investasi Antaboga.

"Dengan ditampung di satu rekening, nasabah tahu ada sejumlah dana tertentu yang bisa dipakai untuk mengembalikan dana investasi mereka," kata anggota Komisi XI Dradjad Wibowo kepada VIVAnews di Jakarta Rabu 11 Februari 2009.

Dradjad menekankan Kepolisian bisa menyita 62 rekening itu, kemudian ditetapkan sebagai rekening negara. Ini juga berfungsi agar rekening tersebut bisa diawasi untuk mencegah pelarian aset atau penyalahgunaan rekening oleh pihak tidak bertanggung jawab.

"Nanti terserah apakah pengelolaannya di bawah Lembaga Penjamin Simpanan, aparat hukum atau Menteri Keuangan," katanya.

Menurut dia, dengan status berubah menjadi rekening negara, maka harus diumumkan dananya ke publik. Jika rekeningnya masih tersebar pada 62 rekening, akan sulit diketahui karena menyangkut kerahasiaan bank. "Kalau escrow acount kan rekening negara sehingga bisa diketahui," katanya.

Terkait dana-dana Robert Tantular di luar negeri, menurut dia, penanganannya akan lebih sulit dibanding rekening dalam negeri. Kepolisian harus meminta pemblokiran rekening tersebut. Namun hal itu lebih sulit dilakukan jika status Robert Tantular masih tersangka.

Pada Selasa, 11 Februari, hasil keputusan rapat Komisi Keuangan DPR menyebutkan Komisi XI mendorong BI, LPS dan Bapepam-LK untuk membuka rekening escrow acount untuk menampung dana dari rekening yang digunakan untuk menggelapkan dana nasabah.

Bank Indonesia telah menelusuri 62 rekening yang dipakai Robert Tantular, pemilik lama Bank Century. Rekening tersebut berada di dalam negeri.

BI telah bekerjasama dengan Bareskrim Mabes Polri dan PPATK. Selain puluhan rekening yang tersebar itu, juga ditemukan lima rekening Antaboga yang ada di Century. Dia mengaku tidak mengetahui berapa nilai dari rekening yang diblokir tersebut, karena kewenangan penyidikan dan di kepolisian.

Suzuki Nex II warna baru edisi 2024

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Suzuki Indonesia kembali menghadirkan penyegaran pada salah satu sepeda motor terpopulernya, Nex II.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024