Kembangkan Rotan, Gubernur Kaltim ke Jakarta

VIVAnews - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak Rabu ini, 11 Februari 2009, mengunjungi Menteri Perindustrian di kantornya, Jalan Gatot Subroto Jakarta. Gubernur bermaksud membicarakan pengembangan sentra industri perkebunan, terutama rotan di Kalimantan Timur. 

"Kami menemui Menteri untuk menunjukkan Kalimantan mempunyai keunggulan komparatif yang bisa dikembangkan," kata Awang. Pengembangan ini akan berlokasi di kawasan industri Kariangau, juga di Maloi yang digunakan untuk pengembangan hasil sawit.

Awang menyesalkan potensi alam Kalimantan Timur tidak dibarengi industri pengolahan. "Sangat disayangkan jika Kalimantan Timur sebagai penghasil rotan alami tidak memiliki industri pengolahan rotan sendiri," katanya. Pemerintah, ujar dia, akan bekerja sama dengan pengusaha rotan alami untuk mengembangkan industri pengolahan.

Setiap tahun, produksi rotan di Kalimantan Timur mencapai 2 juta ton, yang terbanyak dari hutan Kutai Barat. Potensi perkebunan lain yang bisa dikembangkan di antaranya coklat, singkong, dan jarak pagar untuk biodiesel. "Kami berharap dengan pembicaraan ini, industri pengolahan rotan tidak hanya dipusatkan di Pulau Jawa," katanya.

Pertemuan tersebut, menurut Awang, juga membicarakan rencana investasi berbasis perkebunan di Kalimantan Timur sepanjang tahun ini.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Ramen.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ramen is a type of noodle soup dish that is made with wheat noodles, broth, and toppings. Instant ramen may include a flash-fried or air-dried block of noodles, a flavour

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024