Pilkada Jawa Timur

Mardiyanto Lantik Pasangan Karsa

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri Mardiyanto hari ini, Kamis, 12 Februari melantik Gubernur Jawa Timur terpilih pasangan Soekarwo- Saefullah Yusuf (Karsa) setelah mengalahkan lawannya Khofifah Indarparawansah-Mujiono dalam pemilihan kepala daerah Jawa Timur.

Juru Bicara Departemen Dalam Negeri Saut Situmorang mengatakan, pelantikan berlangsung di Dedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur. "Bapak Menteri sudah bersiap-siap untuk mengambil sumpah jabatan Pak Soekarwo dan Saefullah Yusuf yang tentunya sebagai gubernur terpilih," ujar Saut Situmorang saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 12 Februari 2009.

Menurut Saut, acara berlangsung hikmat. Pasangan Gubernur Karsa telah bersiap-siap memasuki ruang sumpah jabatan, yang dihadiri sejumlah pejabat daerah dan anggota DPRD Jawa Timur.

Pasangan Karsa dinyatakan sebagai pasangan terpilih setelah melalui tiga periode pemilihan.

Di putaran pertama, perolehan suara kedua pasangan itu tidak ada yang mampu mencapai syarat sebagai pemenang. Selanjutnya, KPU Provinsi Jawa Timur mengulang pemilihan.

Di pemilihan putaran kedua Soekarwo-Saifullah menang tipis. Mereka meraih 217.076 suara, mengalahkan pasangan Khofifah yang hanya mengumpulkan 195.315 suara.

Dalam putusan perkara sengketa hasil pemilihan kepala daerah atau pilkada di Jawa Timur, Mahkamah memerintahkan KPU melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara ulang di Pamekasan, Madura. Selain itu, majelis yang diketuai Mahfud MD juga memerintahkan pemungutan ulang di Kabupaten Sampang dan Bangkalan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur itu.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Dalam pemilihan terakhir, pasangan Karsa tetap unggul.

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024