Dede Manusia Akar

Kutil Seberat 1,6 Kilogram Berhasil Diangkat

VIVAnews - Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung berhasil mengangkat kutil Dede manusia akar seberat 1,6 kilogram dari tubuhnya. Kutil yang berhasil diangkat tersebut di bagian telapak tangan dan sebagian muka, leher serta dada.

"Operasi kami lakukan selama tiga jam mulai pukul 09.00 WIB. Tidak ada kesulitan apa pun, soalnya kami sudah tau titik-titiknya," ujar ketua Tim Operasi Hardi dalam konfrensi pers di ruang sidang RSHS Bandung.

Menurutnya tanduk kutil di tubuh Dede, paling tebal berada pada bagian telapak tangan. Dalam waktu enam bulan kutil yang sudah menipis kembali berkembang menutupi telapak tangannya.

"Operasi kita ini, balapan dengan tanduk kutilnya yang terus berkembang. Tujuan opersi kali ini pun, hanya untuk menipiskan kembali telapak tangan agar dapat berfungsi sebagai mana mestinya," imbuhnya.

Setelah dilakukan operasi tambah, Hardi, Dede akan menjalani obesvasi terlebih dahulu sebelum dipulangkan kembali. Namun kesehatannya harus tetap dilakukan pengontrolan setiap satu bulan sekali.

"Seharusnya operasi lanjutanpun, dilakukan dalam 2-3 blan kedepan. Tapi kondisi kesehatan Dede berbeda dengan yang lainnya," ujarnya.

Kutil yang berhasil diangkat itu, sambung Hardi, langsung di buang, tidak dilakukan penelitian. Pasalnya penelitian kutil tersebut cukup dengan hasil operasi yang telah lalu.

Sementara itu Direktur RSHS Bandung, Cissy Prawira menyatakan, seluruh pengobatan Dede sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah.
"Kami hanya menyetorkan kwitansinya saja ke Ibu Menkes. Nantinya mereka yang akan mengganti pembayarannya," ujarnya.

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly
Tangkapan layar viral video emak-emak di Makassar ngamuk ancam parang penagih utangnya.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Beredar video viral di medsos, memperlihatkan seorang emak-emak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengamuk sambil membawa parang. Emak-emak itu emosi ditagih hutangnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024