Korupsi Depkes Naik ke Penyidikan

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi meningkatkan status dugaan korupsi di Departemen Kesehatan ke tingkat penyidikan. Komisi segera mengumumkan siapa pejabat Departemen Kesehatan yang akan menjadi tersangka.

"Surat perintah penyidikannya sudah ditandatangani," kata Wakil Ketua Bidang Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi, Chandra M Hamzah, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat 13 Februari 2009. "Untuk keterangan lebih lanjut mungkin minggu depan."

Kajian Indonesia Corruption Watch selama 1998-2008 ada indikasi korupsi senilai Rp 128 miliar. Sebagian besar adalah untuk pengadaan alat kesehatan.

Sedangkan penelitian yang dilakukan Pusat Studi Kebijakan Pembangunan Kesehatan Masyarakat menyebutkan ada beberapa proyek di
lingkungan Departemen Kesehatan. Antara lain dana penanggulangan busung lapar/gizi buruk pada 2005. Kasus ini diduga menimbulkan kerugian negara mencapai Rp 14,89 miliar.

Selain itu ada juga kasus pengadaan peralatan penanganan flu burung pada 2006 dengan anggaran sekitar Rp 40,66 miliar, serta pengadaan alat rontgen portable untuk puskesmas di daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pada 2007.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024