Saham Nasabah Signature Tak Tercatat di KSEI

VIVAnews - Pertemuan nasabah PT Signature Capital Indonesia dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) berakhir tanpa menghasilkan keputusan konkret.

Bapepam-LK dalam penjelasannya kepada sekitar 12 nasabah hanya bisa menyatakan pencairan dana harus menunggu proses peradilan selesai.

Hal itu dikemukakan koordinator nasabah Signature Capital Indonesia, Kelik Irwantoro, usai menemui staf Biro Pemeriksaan dan Penyidikan Bapepam LK di kantor Bapepam, Jumat, 13 Februari 2009.

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Menurut Kelik, Bapepam-LK menyatakan data saham milik nasabah tidak terdaftar di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Padahal saham-saham tersebut sudah tercatat di perusahaan sekuritas dan back office.

"Saham kami tercatat nol di KSEI. Artinya sejak awal memang sudah direncanakan adanya penggelapan," katanya.

Salah satu nasabah lain menambahkan, Bapepam-LK seharusnya bisa membantu melindungi investor. Dengan adanya kasus penipuan ini, Bapepam-LK dengan fungsi pengawasannya semestinya harus ikut bertanggung jawab.

Selain itu, otoritas pasar modal tersebut dinilai tidak terbuka kepada nasabah. Alasannya, data-data seputar Signature tidak diberikan kepada nasabah.

Jalur Hukum
Kelik menjelaskan, nasabah Signature mempertimbangkan untuk menempuh jalur hukum agar proses pencairan saham dan dana segera selesai. Mereka menilai nasabah menjadi pihak yang langsung dirugikan dengan aksi Signature.

"Memang kepolisian sudah melakukan pemeriksaan terhadap kasus Signature yang nantinya melalui kejaksaan akan mengajukan tuntutan hukum ke pengadilan," kata dia.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

"Data-data nasabah yang kami minta tidak diberikan dengan alasan masih dalam proses pemeriksaan," kata dia.

Chery Omoda E5 di IIMS 2024

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Viral mobil menabrak tembok mal saat sedang dipamerkan di MOI Kelapa Gading, Jakarta Utara oleh bocah. Mobil tersebut adalah Chery Omoda E5. Apakah mobil sedang menyala?.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024