Ongkos Haji Tahun Ini Bisa Turun

VIVAnews - Ongkos haji tahun ada kemungkinan mengalami penurunan. Kecenderungan itu terlihat dari imbas penurunan harga tiket maskapai penerbangan. Penurunan juga bisa terjadi karena adanya pembuatan pemondokan-pemondokan baru di Arab Saudi, yang bisa menekan ongkos haji.

"Penurunan itu karena ada indikasi (harga) penerbangan akan turun. Jadi kalau saya mengatakan itu diturunkan, itu berarti ada penurunan (harga) penerbangan secara signifikan," kata Menteri Agama Maftuh Basyuni usai membuka International Expo 2009, di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu, 14 Februari 2009.

Kendati demikian, Departemen Agama belum dapat memutuskan harga penurunan yang baru untuk ongkos haji tahun ini. Departemen masih terus mengevaluasi perubahan-perubahan harga dan fasilitas terbaru di Arab Saudi.

"Sampai sekarang kita belum tahu sejauh mana penurunan harga penerbagan akan dilakukan. Kedua, penrurunan itu terjadi kalau ada hal-hal yang lain seperti harga pemondokan turun, catering turun, transportasi juga turun. Itu berarti saya bisa mengatakan iya, tapi ini kan belum tentu ada," ujar dia.

Meski begitu, Maftuh menekankan bahwa proyek pembangunan pondokan haji di Arab memberikan angin segar. Pondokan yang juga menggusur pemukiman warga itu diharapkan bisa menurunkan harga ongkos haji tahun ini. "Karena itu saya sudah mengjukan surat kepada pemeirntah Arab Saudi untuk bisa ikut serta mengambil prakarsa, naik bolehlah tapi jangan terlalu," ujar Maftuh.

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur tengah menyidik dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menyeret ahli nuklir dari UGM.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024