Memilih Bahan Kosmetik Antipenuaan Kulit

VIVAnews – Berbagai produk kosmetik menawarkan kemampuan membuat kulit tampak halus dan lebih muda. Tapi sejauh apa Anda mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya?

Bahlil Yakin Jokowi Mau Bertemu dengan Megawati: Tidak Perlu Grasah Grusuh

Saat ini, kebanyakan produk kosmetik dan perawatan kulit wajah menggunakan mengandung senyawa kimia peptida. Menurut Dr. Jeffrey Dover, ahli dermatologi Skin Effects, komponen utama dalam produk kecantikan yang banyak dipakai sebagai zat antipenuaan adalah peptida.

“Setelah beberapa minggu menggunakan produk kosmetik yang kaya kandungan peptida, pasien saya mengalami perubahan signifikan. Penampilan kulit wajah mereka menjadi lebih segar dan sehat,” kata Dover.

Potret Putri Isnari yang Geger Dilamar Anak Pengusaha Batu Bara

Peptida adalah asam amino yang bisa membantu kulit melawan penuaan dini. Kulit tersusun dari jaringan kolagen. Pada orang yang muda, jaringan kolagennya masih baik sehingga kulit terlihat segar dan kenyal.

Seiring usia, jaringan kolagen makin berkurang ketebalannya, sehingga kulit pun menjadi lebih kering dan keriput. Kandungan peptida dalam produk perawatan kulit bisa membantu kulit memperlambat proses penuaan pada jaringan kulit.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Zat kimia apa saja dalam peptida yang berguna untuk kulit?

Polipeptida
Bahan ini membantu sel kulit menjadi lebih aktif sehingga hasilnya kulit tampak lebih sehat. Polipeptida juga meningkatkan kemampuan perlindungan sel kulit sehingga lebih bebas kerut.

Lipopeptida
Dengan bantuan jaringan lemak dan air, lipopeptida mampu menembus kulit, dan bekerja mengurangi garis-garis dan kerutan. Kulit pun terlihat lebih sehat.

Gamma-Aminobutyric Acid (GABA)
GABA membantu otot di jaringan kulit lebih relaks. Otot-otot yang terlalu tegang bisa membuat kulit berkerut dan cepat tua. Bahan ini banyak ditemukan pada tomat. Kandungan antioksidan likopen pada tomat juga membantu menangkal efek radikal bebas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya