Saham Jasa Marga di MNA Jadi 55%

VIVAnews - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) meningkatkan kepemilikan sahamnya di PT Marga Nujyasumo Agung (MNA) dari 1,7 persen menjadi 55 persen. Nota kesepakatan dengan pemegang saham MNA yang ditandatangani hari ini terkait proses restrukturisasi Marga Nujyasumo Agung.

"Nota kesepakatan ini merupakan salah satu langkah Jasa Marga untuk merealisasikan komitmen perusahaan untuk mewujudkan jalan tol Trans Jawa," kata Direktur Utama Jasa Marga, Frans S Sunito, dalam siaran pers perseroan di Jakarta, Rabu 18 Februari 2009.

Frans mengatakan, setelah penandatanganan tersebut, komposisi kepemilikan saham MNA terdiri atas Jasa Marga (55 persen), PT Wijaya Karya Tbk (20 persen), dan keluarga Moeladi (25 persen).

Sebelumnya, kepemilikan saham Jasa Marga pada konsorsium MNA hanya sebesar 1,7 persen. MNA adalah perusahaan yang memiliki konsesi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto .

Sesuai kebijakan perusahaan, dia melanjutjkan, Jasa Marga harus menjadi pemegang saham mayoritas pada setiap konsorsium perusahaan jalan tol. Selain itu, proyekharus memiliki tingkat kelayakan finansial yang cukup agar dapat mengembalikan investasinya.

Kepala Divisi Pengembangan Usaha Jalan Tol Jasa Marga, Dedy Krisnariawan, menambahkan, nota kesepakatan ini berdasarkan hasil uji tuntas (due diligence) finansial dan legal sesuai kesepakatan awal 17 Agustus 2008. ”Hasil due diligence menunjukkan proyek ini memiliki kelayakan yang baik,” ujar Dedy.

Syarat lain yang telah dikantongi Jasa Marga adalah izin Menteri Pekerjaan Umum dan kepastian kreditor, yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Jalan tol Surabaya-Mojokerto ini memiliki proyeksi IRR sebesar 18 persen.

Jalan tol Surabaya-Mojokerto merupakan salah satu bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa. Jalan tol sepanjang 36 kilometer dengan total investasi Rp 3 triliun akan terintegrasi dengan tol Surabaya-Gempol yang saat ini dioperasikan Jasa Marga.

Selain itu, jalan tol tersebut terintegrasi dengan tol Gempol-Pasuruan yang saat ini sedang dipersiapkan pembangunannya oleh Jasa Marga dan Pemda Jawa Timur serta Kabupaten Pasuruan.

Pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto ini akan dilakukan bertahap. Seksi 1 Waru-Sepanjang sepanjang empat kilometer diperkirakan selesai akhir 2009.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

”Pembangunan jalan tol ini segera dilaksanakan paling cepat satu bulan setelah kesepakatan ini,” kata Dedy.

Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024