BEI Targetkan Jalur Perdagangan Asean 2010

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap jalur perdagangan elektronik The Association of Southeast Asian Nations (Asean) bisa terlaksana pada 2010. Jalur perdagangan itu akan melibatkan Bursa Malaysia Bhd (KLSE), Philippine Stock Exchange Inc, Singapore Stock Exchange (SES), dan Stock Exchange of Thailand (SET).

Direktur Utama BEI Erry Firmansyah mengatakan, pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) bersama empat otoritas bursa Asean di Bangkok, Senin 23 Februari 2009.

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

"Mereka (otoritas bursa Asean), kini tengah menyiapkan sistemnya. BEI juga akan menyeleksi vendor untuk sistem di Indonesia," kata dia saat ditemui di gedung bursa efek, Jakarta, Selasa 24 Februari 2009.

Erry menambahkan, Vietnam juga berniat menandatangani MOU tersebut, sehingga akan ada enam negara yang berpartisipasi dalam jalur perdagangan elektronik tersebut.

Dia menjelaskan, jalur perdagangan elektronik merupakan kesepakatan lima lembaga bursa di kawasan Asia untuk membangun suatu jalur (linkage) yang sama. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan perdagangan ekuitas pada bursa masing-masing negara.

Erry berharap, jalur perdagangan tersebut bisa menarik minat investor asing untuk masuk pasar bursa Asia. Investor asing dari Amerika Serikat (AS), Eropa, serta Asia bisa berinvestasi melalui broker yang terafiliasi dengan broker dalam negeri.

"Kami berharap jalur perdagangan bisa meningkatkan investasi di Tanah Air," tuturnya.

BEI, Erry menambahkan, akan memperhatikan kepentingan investor dan broker lokal, target dalam negeri, serta kondisi pasar dalam negeri. Otoritas bursa juga akan mengantisipasi jika ada broker asing yang lebih tertarik berinvestasi di bursa asing dibanding bursa Indoensia. "Semangatnya masih akan terus kami lihat," kata dia. 

Dia menuturkan, pihaknya bersama empat bursa Asean lain akan melanjutkan pembahasan pada Juni 2009. BEI akan mempertimbangkan sistem perdagangan yang dihasilkan serta membahasnya dengan broker lokal dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Erry mengatakan, jalur perdagangan Asean sudah menjadi wacana diantara negara Asean sejak 2008. BEI telah memiliki infrastruktur yang cukup untuk mendukung jalur perdagangan tersebut.

Dia menambahkan, jalur perdagangan elektronik Asean tidak akan berpengaruh pada perusahaan tercatat (emiten) BEI yang sudah mencatatkan sahamnya di bursa asing (double listing).

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Beberapa emiten BEI yang telah listing di bursa Asing antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA).

Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024