Pertanian Bantu Indonesia Hadapi Krisis

VIVAnew - Penguatan sektor pertanian khususnya pangan, peternakan, dan logistik disinyalir mampu mendorong ekonomi Indonesia saat krisis menerpa.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi, sektor pertanian paling banyak digeluti masyarakat Indonesia, sehingga mampu menjamin ketersediaan pangan. "Pertanian khususnya pangan, peternakan, dan logistik akan bertahan dan memperkuat ekonomi saat krisis,"ujarnya di Jakarta, Jumat, 27 Februari 2009.
 
Sedangkan stimulus fiskal, kata dia, memang akan mendorong ekonomi dan bertujuan baik. Namun, diperkirakan pada pelaksanaannya akan terjadi ambivalensi pelaksanaan teknisnya. "Dampak langsungnya belum akan terasa. Baru akan kelihatan dalam jangka panjang," katanya.
 
Sementara itu, sektor properti tutur Sofjan, mengalami pukulan yang paling berat pada masa krisis. Kesulitan memperoleh kredit umum, termasuk kredit properti merupakan kesulitan tersendiri. "Jadi, stimulus secepatnya dapat membantu sektor yang mengalami kemunduran akibat krisis," ujarnya.
 
Untuk industri, Sofjan menyarankan agar pemerintah memberikan order bagi industri khusus seperti tekstil agar memperoleh pesanan yang menurun drastis.

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses
Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan pihak yang menawarkan paket umrah dan haji khusus dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024