Banjir Luapan Bengawan Solo

Banjir Bengawan Solo Makin Meluas

VIVAnews - Banjir luapan Sungai Bengawan Solo tak hanya menggenangi tiga kabupaten. Pada Jumat 27 Februari 2009 banjir makin meluas ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana, banjir di Lamongan merendam 2.500 rumah di 39 desa di enam kecamatan, antara lain Babat, Laga dan Laren.
Banjir terparah terjadi Kecamatan Laren dengan ketinggian 0,5 sampai 1,5 meter. Dua desa di kecamatan ini terisolasi. Warga terpaksa mulai mengungsi ke tempat yang dianggap aman.

Sebelumnya dilaporkan, banjir luapan Bengawan Solo membanjiri di tiga kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yakni Ngawi, Tuban dan Bojonegoro. Banjir di Bojonegoro bahkan makan korban sebanyak empat orang.

Banjir di Bojonegoro juga menyebabkan 862 orang mengungsi dan merendam 21.261 unit rumah penduduk. Air luapan juga merendam 4.136 hektar sawah, 618 palawija, 33 unit tempat ibadah, 5 unit jembatan dan sekitar 24.200 meter jalan.

Di Kabupaten Ngawi banjir merendam lebih dari 50 hektar areal persawahan, puluhan rumah, 2 unit sekolah dan 2 unit  jembatan di 5 desa di Kecamatan Kwandungan.

Di Kabupeten Tuban meluapnya sungai Bengawan Solo merendam 5 kecamatan yaitu Soko (9 desa), Rengel (13 desa), Plumpang (5 desa), Widang (3 desa) dan Parengan (12 desa). Lebih dari 6.000 unit rumah penduduk, 58 kilometer jalan, 32 jembatan, 33 unit sekolah, 81 unit tempat ibadah, 2.570 hektar sawah dan 497 hektar tegalan terendam.

Banjir diperparah dengan jebolnya tanggul penahan air. Tanggul kanan Bengawan Solo di wilayah Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Jawa Timur terancam jebol sepanjang 1 kilometer. Sementara tanggul yang kritis sepanjang 18 kilometer.

upati Bojonegoro, Suyoto, pemerintah daerah mengharapkan bantuan pemerintah untuk membangun tanggul Bengawan Solo secara permanen. Menurut petugas Dinas Pekerjaan Umum, Andi Tjandra, dibutuhkan dana sebesar Rp 350 miliar rupiah untuk proyek ini.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024