Krisis Industri Media Cetak AS

Edisi Terakhir Surat Kabar Berusia 150 Tahun

VIVAnews - Suasana suram melingkupi kantor harian Rocky Mountain News yang akan menerbitkan edisi terakhirnya pada Jumat, 27 Februari 2009 . Editor John Temple mengatakan kepada stafnya bahwa mereka seperti memainkan lagu pemakaman saat mengerjakan edisi terakhir harian tertua di negara bagian Colorado, Amerika Serikat, itu.

"Ini cara yang menyedihkan untuk mengakhiri sesuatu yang indah," kata Temple kepada staf-stafnya seperti dimuat harian The Washington Post edisi 27 Februari 2009.

Penerbit Rocky, perusahaan E. W. Scripp mengumumkan akan menutup surat kabar yang telah berumur 150 tahun ini Jumat, 27 Februari 2009. Harian yang berbasis di kota Denver ini terpaksa ditutup karena tidak berhasil meraih minat investor.

Dalam laman blog mereka, harian yang memenangi empat penghargaan Pulitzer sepanjang satu dekade lalu ini menulis, "Suasana di ruang redaksi semakin panas dan pahit. Para reporter bertanya-tanya apakah para eksekutif benar-benar memperjuangkan kelangsungan media mereka atau justru semakin menekan Rocky."

Seorang staf menulis di Twitter (laman layanan jaringan sosial dan mikroblog) bahwa Redaktur Pelaksana membagikan penugasan dengan mata bengkak sisa tangisan. Para pembaca setia Rocky juga merasa kehilangan. Mereka merasa Rocky tidak akan mungkin terganti.

Pengamat bisnis media memperkirakan penutupan suratkabar tertua Colorado, Rocky Mountain News, masih akan diikuti penutupan koran-koran lain.

"Hal ini tidak mengejutkan karena resesi yang terjadi berpengaruh pada pendapatan dari iklan," kata analis John Morton.

Pekan ini harian San Francisco Chronicle mengutarakan kemungkinan berhenti beroperasi kecuali mendapat calon investor yang mau mengeluarkan banyak dana untuk menutup kerugian harian itu.

Hal serupa terjadi pada Seattle Post-Intelligencer. Sementara harian Philadelphia Inquirer dan Daily News mengikuti jejak harian Chicago, Tribune dan harian Minneapolis, Star Tribune dalam program proteksi kebangkrutan.

Iran Serang Israel, Airlangga Serukan Parpol Bersatu karena Situasi Ketidakpastian Meningkat
Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah

One Way di Tol Trans Jawa Berakhir, Arus Kendaraan di Tol Kalikangkung Semarang Kembali Normal

Pada arus balik mudik Lebaran, jalur satu arah mulai Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek Utama dibuka sejak Sabtu 13 April 2024 siang.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024