Hubungan AS - Jepang

Kaisar Jepang Akan Kunjungi Pearl Harbour

VIVAnews -  Kaisar Jepang, Akihito, akan mengunjungi Pearl Harbour, Juli nanti. Itu akan menjadi kunjungan pertama anggota kekaisaran Jepang ke pelabuhan di Hawaii, Amerika Serikat (AS) yang memicu terjadinya Perang Dunia Kedua tersebut.

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP

Namun, berbeda dengan serangan mendadak Jepang Desember 1941, kedatangan Akihito dan Permaisuri Michiko ke Pearl Harbour akan mempromosikan perdamaian dan rekonsiliasi sejarah antara Jepang dan AS - dua negara yang dulu saling menghancurkan di Perang Dunia Kedua.

Seperti dilaporkan laman harian Daily Telegraph, Selasa 3 Maret 2009, Rumah Tangga Kekaisaran menolak memberi keterangan rinci mengenai jadwal kunjungan, yang menjadi kunjungan luar negeri pertama Akihito sejak 2007. Kaisar berusia 75 tahun ini menderita sakit dalam beberapa bulan terakhir dan dirawat di rumah sakit akhir tahun lalu karena mengalami pendarahan dalam.

Kunjungan tersebut kemungkinan juga akan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat peristirahatan 1.102 prajurit AS yang tewas dalam serangan Pearl Harbour, USS Arizona Memorial. Itu merupakan kunjungan yang sangat simbolis. Pasalnya, belum ada pemimpin politik Jepang yang pernah mengunjungi wilayah serangan 7 Desember 1941 silam itu.

Kaisar Akihito memiliki catatan kunjungan ke tempat-tempat terjadinya peperangan, antara lain kota Hiroshima dan Nagasaki, dan juga Pulau Saipan di Lautan Pasifik pada 2005 lalu. Akihito dan Michiko pernah dikabarkan akan mengunjungi Pearl Harbour tahun 1994 lalu di sela-sela kunjungan resmi ke AS. Namun, muncul polemik di dalam negeri Jepang yang menyebut kunjungan tersebut sebagai bagian dari eksploitasi politik kaisar.

Pemerintah Jepang saat ini sedang membangun hubungan baik dengan pemerintah Presiden Barack Obama yang dikhawatirkan semakin dekat dengan China. Salah satu elemen kunci dari hubungan bilateral adalah isu pertahanan.

Ilustrasi kucing

Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Feline lower urinary tract disease (FLUTD) is a term that refers to several conditions affecting your cat’s lower urinary tract, including the urethra (a thin tube that c

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024