Sekjen Organisasi Konfrensi Islam

Dana US$10 Miliar untuk Perangi Kemiskinan

VIVAnews - Organisasi Konferensi Islam (OKI) akan menyalurkan dana US$ 10 miliar untuk membantu negara anggota yang rakyatnya hidup di bawah garis kemiskinan. Menurut Sekretaris Jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, dana itu akan disalurkan melalui Bank Pembangunan Asia (ADB).

"Kami telah membuat mekanismenya lewat ADB, dana itu terutama disalurkan ke Asia dan Afrika," kata Ihsanoglu setelah kuliah publik di Pusat Dialog dan Kerjasama Antarperadaban (CDCC), Jakarta, Selasa 3 Maret 2009.

Pemberian dana ini merupakan bagian dari program reformasi OKI. OKI juga akan meningkatkan volume perdagangan antarnegara anggotanya hingga 20 persen pada 2010. "Perdagangan antara 57 negara anggota OKI pada 2007 baru mencapai 16,7 persen," kata Ihsanoglu.

OKI juga akan membentuk badan independen untuk hak asasi manusia (HAM). Ihsanoglu berharap proposal akhir badan HAM OKI ini akan disetujui dalam pertemuan tingkat menteri negara-negara OKI yang akan diadakan di Damaskus, Suriah, Mei mendatang.

Melalui program reformasi ini, Ihsanoglu berharap dalam negara-negara anggota OKI akan menjadi negara maju dalam sepuluh tahun. Ia optimis OKI akan menjadi kekuatan besar melihat fenomena yang terjadi selama satu dekade terakhir.

"Ada pergeseran peta kekuasaan dunia dari kawasan Atlantik ke Asia, ini juga menandai bangkitnya kekuatan negara Muslim," kata Ihsanoglu.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024