2005, Tahun Paling Panas

VIVAnews - Setiap musim kemarau, suhu udara di Indonesia terasa sangat panas. Tahukah kalian tahun berapa yang merupakan tahun terpanas?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika
Serikat (NASA), 2005 adalah tahun terpanas. Rata-rata temperatur
global bumi pada 2005 mencapai 14,6°Celcius (58,3°Fahrenheit).

Imbas Erupsi Gunung Ruang, Caleg PDIP Ikut Sidang di MK via Daring

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti NASA dari Goddard Institute for Space Studies (GISS) yang berpusat di New York, AS.

Hal itu juga menggambarkan kenaikan suhu bumi sekitar 0.6° Celcius dalam 30 tahun terakhir. Dan dalam 100 tahun terakhir, suhu bumi meningkat 0.8° Celcius.

Meningkatnya suhu bumi itu sebetulnya tidak membuktikan terjadinya pemanasan global, tetapi hanya membuktikan prediksi peningkatan suhu bumi yang dilakukan komputer iklim.

"Sebenarnya, delapan tahun terakhir ini merupakan tahun terpanas abad ini," kata James Hansen, ketua peneliti dari GISS.

Setelah 2005, tahun terpanas menurut penelitian adalah 1998. Peningkatan suhu pada tahun itu terjadi akibat badai El Niño. Selama datangnya El Nino, memang akan terjadi peningkatan suhu di Laut Pasifik. 

Penelitian itu juga mengungkapkan terjadinya peningkatan suhu yang sangat drastis selama 50 tahun terakhir terjadi di tempat terdingin di bumi yaitu Alaska, Siberia, Skandinavia, Antatika, dan Canada.

Laba Bersih Medco Energi Kuartal I-2024 Turun 11 Persen, Ini Pemicunya

Wah, bisa-bisa gunung es yang banyak terdapat di sana cepat meleleh ya.

Booth Astra Otoparts di IMOS 2022

Sejarah Astra Otoparts, Penyedia Komponen Otomotif yang Lagi Naik Daun

Astra Otoparts sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri komponen otomotif di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024