Pemerintah Siapkan Stimulus Tahap Kedua

VIVAnews - Pemerintah akan mengkaji tambahan stimulus fiskal selain yang telah disetujui sebesar Rp 73,3 triliun. Namun Departemen Keuangan akan melihat perkembangan ekonomi selama semester satu.

"Kalau dilihat ada space, bisa saja kemungkinan akan membahas tambahan stimulus. Tapi sampai saat ini, laksanakan dulu," kata
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Rabu 4 Maret 2009.

Menurutnya saat ini yang terpenting adalah pencapaian target dari pelaksanaan stimulus. Stimulus yang sudah disetujui DPR akan berjalan pada minggu ini. Pemerintah akan melihat pengaruhnya pada triwulan kedua.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Depkeu Anggito Abimanyu mengatakan, stimulus yang telah disetujui harus dilakukan secara cepat. Sehingga penyerapan anggaran belanja yang biasanya hanya 10 persen pada awal tahun bisa lebih besar lagi.

"Jadi kalau kita bisa mempercepat, apalagi uang yang masuk sekarang kan cukup banyak dari global bond kemarin," kata Anggito.

Menurutnya Menkeu sudah menandatangani alokasi dalam penggunaan stimulus. Proyek yang disetujui juga tidak mempunyai masalah dengan pembebasan tanah. Daerah juga diberikan sanksi jika tidak menjalankan program tersebut. Untuk pelaksanaan stimulus pajak, saat ini sudah berjalan. "Maret sudah mulai berjalan," katanya.

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman
CdM Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie sambut juara All England

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

The Chef de Mission (CdM) of the Indonesian contingent at the 2024 Paris Olympics, Anindya Bakrie gave appreciation to PP PBSI over Indonesian Success in All England..

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024