Harga Sewa Rumah Susun Pekerja Rp 100 Ribu

VIVAnews - Pemerintah akan membangun 350 ribu unit Rumah Susun Sederhana Sewa (rusunawa) di 18 kawasan industri. Harga sewanya untuk pekerja sekitar Rp 100 ribu per unit.

"Satu unit bisa dihuni empat pekerja," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla seusai memimpin rapat di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Rabu sore, 4 Maret 2009.
"Pola seperti itu sudah diterapkan di rumah susun di Batam."
 
Pembangunan 350 ribu unit rusunawa diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 35 triliun yang ditargetkan selesai selama tiga tahun. Pemerintah akan memberikan subsidi bunga tahun ini sebesar Rp 2,5 triliun per tahun. Namun, jika bunganya 14 persen, subsidi bunga 9 persen atau sekitar Rp 5 triliun.

Pembangunan rusunawa ini diharapkan dapat menghasilkan efisiensi bagi dunia industri. Efisien bagi industri karena pekerja akan disiplin dalam waktu. Pekerja juga efisien karena jaraknya lebih dekat dengan lokasi kerja. Juga efisien bagi lalu lintas untuk mengurangi kemacetan.
 
"Selama ini sekitar 30 persen pendapatan pekerja habis untuk transportasi," katanya.
 
Adapun 18 kawasan industri yang akan dijadikan lokasi pembangunan rusunawa adalah Bekasi, Karawang, Tangerang, dan DKI. Pemerintah menjamin tidak akan mengalami permasalahan dengan lahan dan perizinan, seperti yang menjadi kendala dalam proyek 1000 tower rumah susun sederhana milik (rusunami) di perkotaan.

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke
Ilustrasi/Pelajar diamankan saat mau tawuran.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Untuk mencegah terjadinya aksi kekerasan di lingkungan sekolah, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti oleh guru, orang tua, dan siswa:

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024