Demo Aliansi Mahasiswa Buddhis

"Dalam Satu Minggu Buddha Bar Harus Tutup"

VIVAnews - Aliansi Mahasiswa Buddhis Indonesia mendesak Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menutup Buddhis Bar. Mereka mengancam akan melakukan demo lebih besar jika tuntutan tak dipenuhi.

"Jika jangka satu minggu tuntutan tak dipenuhi, kami akan melakukan aksi lebih besar," kata koordinator aksi, Eko Nugroho, saat berunjuk rasa bersama seratusan anggota Aliansi Mahasiswa Buddhis Indonesia, di depan Balai Kota, Kamis 5 Maret 2009.

Dalam orasinya, mereka meminta Gubernur segera memerintahkan instansi terkait untuk segera menyegel dan menghentikan operasioanal Buddha. "Juga mengeluarkan dan menyita simbol-simbol agama Buddha, seperti patung dan gambar Buddha," ujarnya.

Mereka menilai izin usaha yang dikeluarkan Dinas Pariwisata DKI Jakarta cacat hukum. Izin dikeluarkan tanpa persetujuan Direktorat Jenderal Agama Buddha selaku pelindung, pengayom dan perwakilan umat Buddha yang sah di Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, menambahkan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta tengah memfasilitasi penyelesaian konflik Buddha Bar antara PT Nireta Vista Creative selaku pemilik, kelompok Buddha yang menyetujui, dan kelompok Buddha yang kontra. "Ini masalah segitiga," katanya.

Izin operasional Buddha Bar dikeluarkan Dinas Pariwisata DKI Jakarta setelah mendapat persetujuan dari tiga komunitas Buddha yaitu Forum Komunikasi Budha Indonesia DKI, DPP Budha Mahayana Maja Bumi, dan DPP Budhist Indonesia. Namun, ketiganya telah demisioner alias bubar.

Buddha Bar merupakan usaha waralaba George V Restauration yang berpusat di Prancis. Bar mewah yang banyak memajang patung Buddha itu ada di sejumlah kota besar dunia seperti Dubai, Kiev, Dublin, London, Kairo, Beirut, Sao Paulo, dan New York. Di Jakarta, lisensinya dipegang PT Nireta Vista Creative.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024