BI Rate Dipangkas

BI: Bank Sudah Turunkan Bunga Pinjaman

VIVAnews - Bank Indonesia mencermati imbas penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia yang terus dilakukan dalam beberapa bulan ini.

"Kami melihat bank-bank sudah ada yang menurunkan suku bunga kredit," kata Deputi Gubernur Senior BI, Miranda Goeltom di Jakarta, Jumat, 6 Maret 2009. Dia berharap bank-bank terus menurunkan bunga.

BI sudah menurunkan suku bunga secara signifikan beberapa kali. Pada Rabu lalu, 4 Maret, untuk ketiga kalinya, BI menurunkan bunga 50 basis poin menjadi 7,75 persen.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Meski begitu, beberapa bank masih memasang bunga pinjaman tinggi. Rata-rata suku bunga pinjaman saat ini masih di kisaran 14 - 16 persen.

Miranda mengakui beberapa bank memang masih memasang suku bunga tinggi. BI berharap respons bank lebih cepat terhadap kebijakan moneter BI sehingga transmisi ke sektor riil bisa terasa.

Meski begitu, Miranda tetap berharap kepercayaan bank-bank terhadap ekonomi masih terjaga baik sehingga keinginan mereka untuk memberikan pinjaman juga cukup tinggi.

"Itu cukup penting karena bisa membantu perusahaan yang terkena imbas krisis global."


Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia disebut oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menunjukkan sikap yang luar biasa ketika mengenakan jersey Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024